SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



Heli Jatuh di Teluk Kendari Berhasil Dievakuasi

Diposting oleh paguyubancirex Kamis, 27 Januari 2011 0 komentar


Jakarta - Helikopter komersil milik Intan Angkasa Air Service, yang jatuh di Teluk Kendari, telah dievakuasi. Heli itu sempat tenggelam di seputaran Pantai Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Jadi tidak benar jika heli meledak, yang ada heli sempat tenggelam, namun sudah berhasil kita evakuasi," ujar Kabid Humas Polda Sulawesi Tengggara AKBP Fahrurozzi, kepada detikcom, Kamis (27/1/2011).

Fahrurozzi mengatakan, heli yang lepas landas dari Bandara Haluoleo itu kemungkinan sedang melakukan latihan terbang. Sebab, sebelum pesawat tenggelam heli berisi 3 orang itu memang terbang sangat rendah.

"Saat berangkat dari bandara, tiba-tiba saja di atas pantai Kendari heli terbang rendah, kemudian heli terjatuh dan kemudian tenggelam. Kita evakuasi heli dibantu Basarnas dan TNI AU," katanya.

Fahrurozzi memastikan pesawat tersebut tidak mengalami kerusakan. Termasuk setelah pesawat diangkut dari dalam air.

Untuk penumpang heli tersebut, Fahrurozzi mengatakan, satu orang dalam keadaan kritis dan sedang dirawat di RS Bhayangkara, Kendari. Sedangkan dua penumpang lainnya hanya luka-luka ringan.

"Yang masih di UGD itu manajer Intan Angkasa Air Service, Lukman. Sedangkan pilot heli Edi Gunawan dan petugas ATC Kendari, Kiking, yang menumpangi heli itu tidak terlalu parah," jelasnya.

Heli bernomor registrasi PKIWS tersebut jatuh sekitar pukul 08.15 WITA, jatuh di Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara. Heli tersebut lepas landas dari Bandara Haluoleo pada pukul 07.30 WITA dan hendak menempuh rute Bandara-Kendari Kota-Bandara. (lia/nrl)

::: News Link ::

| | edit post

KAPAL Tenggelam

Diposting oleh paguyubancirex 0 komentar


7 Orang Tewas Akibat Terbakarnya KMP Laut Teduh
di Pulau Tempurung


Jakarta - Terbakarnya Kapal Motor Penyeberang (KMP) Laut Teduh menewaskan 7 penumpang. Petugas telah melakukan evakuasi dan membawa jenazah korban ke rumah sakit terdekat. "Data yang kita peroleh 7 orang," kata Kepala Humas Kemenhub Bambang S Ervan saat dihubungi detikcom, Jumat (28/1/2011). Sementara itu, puluhan penumpang lainnya telah dievakuasi. "Petugas masih melakukan penyisiran," terang Bambang. KMP Laut Teduh diketahui terbakar sekitar pukul 04.00 WIB di sekitar Pulau Tempurung atau 40 menit dari Pelabuhan Merak. "Kita belum tahu korban meninggal karena terbakar atau tenggelam di laut," terang Bambang. Bambang menjelaskan, terbakarnya kapal ini, diduga kuat berasal dari api yang menjalar dari dek yang membawa kendaraan. "Untuk kepastiannya kita masih selidiki," tutupnya.

::: News Link :::

| | edit post

Tabrakan Kereta

Diposting oleh paguyubancirex 0 komentar


3 Penumpang Kereta Tewas dan 10 Luka Berat

Jakarta - Jumlah korban tewas akibat kecelakaan Kereta Api (KA) Mutiara Selatan dan KA Kutojaya Selatan bertambah. Data terakhir, diketahui 3 penumpang tewas dan 10 lainnya mengalami luka berat. "Korban tewas dan luka berat dirawat di RSUD Banjar," kata Kepala Humas Daops II Bambang Setyo Prayitno saat dihubungi detikcom, Jumat (28/1/2011). Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 02.24 WIB. Kecelakaan ini terjadi di Stasiun Langen Sari, bukan di daerah Banjar seperti ditulis pada berita sebelumnya. "Informasinya di lapangan, masih ada penumpang yang terhimpit," imbuh Bambang. Untuk korban ringan, saat ini telah menjalani perawatan di Puskesmas Langen Sari. "Evakuasi masih dilakukan," tambahnya. Tabrakan ini, diakui Bambang akan mengganggu perjalanan kereta api untuk di kawasan itu, namun dipastikan tidak ada yang perjalanan kereta yang ditunda. "Hanya terlambat itu pun untuk di daerah sekitar itu," tutupnya.

:: News Link :::

| | edit post
Diposting oleh paguyubancirex 0 komentar

CERITA FAKTA DI GERBONG KERETA CIREX

Dengan Hormat,

Kami warga sipil penumpang Cirebon Ekspres bertahun-tahun lamanya dan tetap berusaha untuk mencintai fasilitas ini selama masih tetap manusiawi dan kami sampai saat ini sangat menghormati untuk membeli Ticket/ karcis dan patuh membayar Pajak.

Setiap Jum'at sore dari Gambir adalah rutinitas kami dengan kereta berjadwal pemberangkatan pukul 18.30 (insya Allah) karena setiap kami menunggu di Jatinegara selalu diberi kesempatan untuk mendapatkan pahala dengan memaafkan PT. KAI yang dengan lantang mengucapkan "Mohon maaf kepada calon penumpang Cirex yang seharusnya berangkat dari stasiun Jatinegara pukul 18.42 kali ini keretanya masih pemeriksaan rangkaian di stasiun Gambir" pengumuman itu di sampaikan pada pukul 18.50. Hal ini terjadi hampir sepanjang tahun.

Dan adalah rutinitas pemeriksaan ticket/karcis, Salah satu contoh Pada saat pemeriksaan serempak Jum'at sore dilakukan secara benar, Tapi ada hal lain yang jelas kami merasa sangat-sangat terganggu dengan keterlambatan yang telah membudaya tapi sejak Jum'at, 21 Januari 2011 lalu disaat para petugas PS berkumpul dan bergabung di Gerbong 1 (belakang Lokomotif) ”ternyata memasukkan komunitas penumpang dari berbagai model untuk duduk di sepanjang lorong gerbong 1 dan bordesnya sampai toilet (karena wkt saya mau ke Toilet disarankan sama penghuni toilet "disini penuh Bpk pakai toilet lainnya saja") dalam hatiku "beli tiket resmi diperlakukan begini, yang kuasa malah bayar didalam kereta" Kalau saya tanya sama seluruh Jajaran Direksi PT. KAI "Apa kesan Saudara terhadap kejadian ini....?" mungkinkah Saudara jawab "Lain kali bayar saja didalam kereta biar lebih kuasa" karena bikin kaya oknum PT. KAI kah....?

Secara tidak langsung Managemen PT. KAI mendidik supaya kami para calon penumpang tidak membeli ticket/karcis (entah tulisan tidak mendapat no tempat duduk atau lainnya). Dan satu hal lagi apakah PT. KAI lebih mementingkan oknum yg mengaku aparat yang tidak membeli karcis ??

Selanjutnya beberapa perjalanan kami sepanjang tahun pada akhir-akhir ini kereta sering mengalami lemparan benda keras/batu ke gerbong yang kami tumpangi, Hal ini jelas sangatlah mengganggu dan ada kemungkinan terjadinya kecelakaan dan luka jika terkena kaca dan pecah, mungkin alangkah bijak dan membantu jika lokomotif di beri Kamera CCTV untuk merekam hal-hal yang mencurigakan atau merugikan di depan kereta.

Demikian, sekiranya kami memberikan informasi dan mungkin masukan, untuk lebih baiknya mutu pelayanan dan kebaikan bersama.

T

Di Tulis Oleh : Paguyuban CIREX

| | edit post

Undangan Terbuka

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 23 Januari 2011 0 komentar

Waduk Darma yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma dan pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari kota Kuningan dan dari ± 37 km dari kota Cirebon
Lihat selengkapnya Waduk Darma Klik disini

| | edit post

Solo Akan Operasikan Kereta Railbus Medio 2011

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 19 Januari 2011 0 komentar

Solo - Mulai pertengahan tahun 2011 ini Kota Solo akan menambah moda transportasi baru, yaitu kereta railbus. Kereta khusus buatan PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun tersebut akan beroperasi melayani rute Solo hingga Wonogiri.

"Masih ada beberapa kendala teknis yang harus segera dirampungkan terkait kondisi kendaraan maupun infrastruktur jalannya. Namun dipastikan, pertengahan tahun ini railbus tersebut sudah beroperasi melayani rute yang ditetapkan," ujar Walikota Surakarta, Joko Widodo, kepada wartawan saat meninjau penyelesaian kereta railbus di PT Inka, Madiun, Senin (17/1/2011).

Joko juga menegaskan kereta api adalah pilihan yang paling tepat bagi transportasi umum masa depan di perkotaan. Selain mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dalam sekali angkut, kereta api juga menjadi jawaban atas kepadatan jalan raya yang saat ini juga terjadi di Solo.

Sementara itu Dirut PT Inka, Rusdiatmoko, mengakui masih ada beberapa persoalan teknis yang harus diselesaikan sebelum mengoperasikan kereta railbus tersebut. Kendala itu adalah meninggikan atap kereta, membangun kembali rel dalam kota Solo yang telah rusak karena jalurnya sudah tidak terpakai, dan memperbaiki satu jembatan rel KA di Wonogiri.

"Sesuai rencana pertengahan Februari, kereta railbus ini akan kami bawa ke Solo untuk mencoba rute sekaligus sosialisasi kepada warga. Setelah itu kami bawa lagi ke Madiun untuk penyempurnaannya. Diharapkan pada bulan April seluruhnya selesai termasuk interior kereta. Setelah itu siap untuk dioperasikan," papar Rusdiatmoko.

Railbus rute Solo-Wonogiri tersebut adalah pesanan dari Pemerintah Pusat melalui Ditjen Perkeretaapian Kemenhub. Program pengadaannya dilaksanakan melalui DIPA dalam dua tahap yaitu tahap pertama di tahun 2009 dan tahap kedua di tahun 2010, dengan total biaya Rp 16 miliar.

Railbus tersebut terdiri dari satu rangkaian dengan tiga gerbong dengan kapasitas 160 orang, berkecepatan maksimum 100 km/jam dengan tenaga out-put sebesar 560 Kw yang dibangkitkan dari mesin yang dipasang di rangka bawah. Bus kereta tersebut juga dilengkapi dengan AC serta rak bagasi untuk penempatan barang penumpang.

"Untuk biaya operasional dibutuhkan 3 liter solar per 1 kilometernya. Sedangkan biaya perawatannya juga sangat ringan. Sebagai perbandingan, railbus yang telah dioperasikan di Palembang selama dua tahun hingga saat ini belum memerlukan bubut ban. Ini menunjukkan kondisinya masih cukup bagus," lanjut Rusdiatmoko.

:::News Link :::

| | edit post


ecelakaan kereta api di lintasan rel tak berpalang pintu kembali terjadi di Lamongan. Kali ini, seorang lelaki tanpa identitas tertabrak kereta api di perlintasan KA Desa Waru Tengah, Kecamatan Pucuk, Rabu (19/1/2011). Data yang dihimpun detiksurabaya.com di lapangan menyebutkan, sesaat sebelum kejadian ada seorang laki-laki tidak diketahui identitasnya sedang duduk-duduk di rel KA. Namun, naas, saat sedang duduksebuah kereta api barang sedang meluncur dari arah Surabaya menuju Lamongan. Salah seorang saksi mata warga Desa Waru Tengah, Sipin kepada wartawan mengatakan, warga yang saat itu sedang melihat kereta api meluncur dari arah surabaya. Seketika, kata Sipin, warga kemudian berteriak agar lelaki yang diperkirakan berusia 20-an tahun itu segera menyingkir. Namun, lelaki tanpa identitas tersebut seakan tidak mendengar teriakan warga yang menyuruhnya untuk menyingkir, hingga akhirnya tertabrak kereta api barang tersebut. "Kejadiannya begitu cepat dan tubuh lelaki tak dikenal itu langsung hancur," katanya. Akibat tertabrak kereta api barang tersebut, tubuh lelaki tanpa identitas itu hancur, sehingga sulit untuk dikenali. Warga sekitar yang melihat kejadian ini kemudian berusaha untuk mengumpulkan sisa-sisa tubuh korban. Sementara, petugas kepolisian yang ada di lokasi kejadian sampai saat ini masih berusaha untuk mengumpulkan keterangan mengenai identitas korban.

::: News Link :::

| | edit post

Angkut Aremania, 351 Kaca KA Matamaja Pecah

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 11 Januari 2011 0 komentar

Malang - Sebanyak 351 kaca jendela serta pintu KA Matamaja tujuan Malang-Jakarta yang ditumpai aremania hancur akibat dilempari warga. PT KA mengaku menderita kerugian puluhan juta rupiah.

Kepala Stasiun Besar Malang Ixfan Hendri menuturkan, pihaknya masih melakukan perbaikan ratusan kaca tersebut, agar tidak mengganggu perjalanan KA Matamaja hari ini.

Menurutnya, ratusan kaca tersebut pecah setelah dilempari warga, ketika KA melintas. Diduga aksi ini dilakukan karena KA tengah membawa rombongan suporter Aremania. Dimana pihak yang berseteru melampiaskan dengan melempari KA ekonomi tersebut.

"KA sudah dilempari sejak di Jakarta hingga Kediri. Pelaku pelemparan sendiri belum dapat kita ketahui. Yang jelas ada dugaan pelemparan dilakukan, karena kereta mengangkut suporter Aremania," jelasnya ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/1/2011).

Belum diketahui secara jelas, kata dia, apakah pemicu pelemparan dari penumpang KA atau warga. Hingga saat ini pihaknya masih menyelidikinya. "Kami membawa seribu lebih aremania yang berangkat ke Jakarta dengan harga tiket anak-anak sebesar Rp 40 ribu," terangnya.

Hendri menjelaskan, 351 kaca yang pecah itu terdiri dari kaca jendela atas dan bawah, serta kaca pintu, dari dua perjalanan dua kereta api yang sama.

Pertama terjadi Tanggal 10 Januari 2011 KA Matamaja membawa 11 gerbong penumpang. Sebanyak 70 kaca pecah akibat dilempari. Kedua pada hari ini KA
Matamaja dari Jakarta dilempari hingga 281 kaca pecah. "Kita total kerugian lebih dari Rp 50 juta," tegasnya.

PT KA Minta Tanggung Jawab Aremania

PT akan mengirim surat kepada panitia pemberangkatan Aremania. Pasalnya, diduga kuat aksi pelemparan dipicu KA ekonomi itu mengangkut ribuan Aremania usai menonton pertandingan Persija menjamu Arema Indonesia lusa lalu di Stadion Umum Gelora Bung Karno.

"Kami akan lakukan evaluasi, adanya kejadian ini. Karena tidak dipungkiri ini merugikan kami," tegas Kepala Stasiun Besar Malang, Ixfan Hendri saat berbincang dengan detiksurabaya.com, di ruang kerjanya.

Surat dalam bentuk pertanggung jawaban itu ditujukan kepada panitia. Sebagai pengkoordinir ribuan Aremania yang berangkat ke Jakarta menggunakan kereta api.
"Surat kita kirim ke panitia, untuk minta pertanggung jawaban mereka (panitia,red)," tandasnya.

Meski demikian, Hendri enggan membeberkan secara jelas, bentuk pertanggungjawaban yang dilayangkan kepada Aremania julukan suporter Arema Indonesia itu.
"Pokoknya kita minta tanggung jawab," katanya.

Ditanya apakah PT KA akan mempertimbangkan kembali, memberikan fasilitas kereta api bagi Aremania ke depannya. Hendri menuturkan, sudah terbesit ide untuk
meminimalisir adanya aksi pelemparan jika kereta api tengah membawa Aremania. Dengan jalan meminta Aremania untuk menggantungkan atributnya ketika menumpang
kereta api.

"Mungkin dengan jalan meminta Aremania tidak mengenakan atribut mereka. Jika dengan begitu, mereka merupakan penumpang KA. Dan jika ada tindakan pelemparan
dari warga, mereka menjadi korban bisa dibawa ke jalur hukum," beber Hendri, yang baru dua bulan menjabat ini.

::: News Link :::

| | edit post

Tarif KA Ekonomi Tak Naik, WC Bersih dan Kipas Angin Tinggal Kenangan

Diposting oleh paguyubancirex Senin, 10 Januari 2011 0 komentar



Jakarta - Kenaikan tarif kereta api kelas ekonomi ditunda. Rencana perbaikan sarana pelayanan pun pasti terganggu sebab biaya operasional PT Kereta Api Indonesia (KAI) makin terbatas.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito

"Karena penundaan kenaikan tarif maka biaya operasional tidak tercapai. Jadi saat ini kita mengutamakan langkah perbaikan keselamatan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dan pasti didahulukan," tutur Wimbo.

Sebelumnya berbagai perbaikan pelayanan dijanjikan PT KAI dengan kenaikan tarif yang sebelumnya direncanakan. Namun, hal itu jadi tinggal kenangan akibat tertundanya kenaikan tarif tersebut.

"Kemungkinan untuk perbaikan sarana lain seperti fan (kipas angin) dan toilet itu akan terganggu. Kita masih utamakan keselamatan," katanya.

Seperti diketahui, awalnya PT KAI akan menaikkan tarif KA kelas ekonomi berkisar Rp 500 hingga Rp 8.500 tergantung jarak tempuh mulai 8 Januari 2011.

Lewat kenaikan ini, Wimbo mengatakan fasilitas KA akan ditingkatkan. Antara lain yang diperbaiki adalah keamanan penumpang, kipas angin, lampu bordes dan penumpang, kebersihan toilet, dan fasilitas keselamatan seperti alat pemadam api ringan. Selain itu ada restorasi untuk KA jarak jauh dan sedang.

Namun kenaikan ini dibatalkan atau ditunda oleh pemerintah. Paling cepat kenaikan akan dilakukan pada April 2011 ini.

::: News Link :::

| | edit post


Jakarta - Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) belum melapor terkait kenaikan tarif KA kelas ekonomi Sabtu (8/1/2011) kemarin. Fredy menyatakan, dalam pemberlakukan kenaikan tarif, PT KAI harus mengeluarkan perintah operasional (PO) berdasarkan hasil survei yang dilakukan. "Jadi begini, memang sudah ada keputusan. tapi kan PT KAI harus keluarkan perintah operasional (PO) dan saya memerintahkan ada dilakukan survei," ujarnya saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (10/1/2011). Jika survei tersebut belum dilakukan, lanjut Fredy, maka KAI tidak diperkenankan mengeluarkan PO sehingga tidak akan ada kenaikan tarif tersebut. "Kalau PO sudah selesai pada April, mereka bisa melakukan, tapi kalau belum, ya mereka harus selesaikan survei terlebih dulu. Ini pokoknya masalah survei, sampai April belum bisa dinaikkan tarifnya karena survei kan belum selesai," ujarnya. Mengenai rencana pemberlakuan tarif KA pada pekan lalu, Fredy menilai hal tersebut belum dilaporkan pihak KAI terhadap dirinya. "Makanya mereka melakukan kesalahan di lapangan. Harusnya ada report dulu. Mereka belum report ke saya," tegasnya. Di tempat yang sama, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan dirinya kenaikan tarif KA ekonomi ditunda karena waktu yang tidak pas. Selain itu harus ada rapat koordinasi terlebih dahulu soal kenaikan ini. "Belum diputuskan apa-apanya, kita ada rapat koordinasi, kita belum putuskan, penundaan kapannya belum, jangan asumsi dulu, anggap saja tidak ada kenaikan," ujar Hatta. Hatta menilai kenaikan tarif KA tetap diperlukan untuk meningkatkan kinerja KAI. "Kita menginginkan ada standar pelayanan minimal, kita tidak ingin kereta api menurun kinerja karena keuangan tidak baik," jelasnya. Namun, kenaikan tarif tersebut perlu diperhatikan agar tidak memberatkan masyarakat miskin yang mayoritas pengguna KA. "Kita juga pikirkan daya beli masyarakat kita, mengingat transportasi KA itu vital bagi menengah ke bawah," ujarnya. Untuk itu, Hatta menilai kenaikan itu akan diberlakukan pada saat yang tepat karena jika pendanaan KA terus menerus dari subsidi, hal tersebut akan menggerus APBN. "Kita tidak ingin kereta api menurun kinerjanya karena keuangan tidak baik. APBN juga tergerus tapi kita wajib memberikan subsidi kepada penumpang kelas ekonomi yang tidak mampu. kita naikkan timing jadi pertimbangan utama, kapan? Pertimbangannya banyak," tandas Hatta.

::: News Link ::

| | edit post

PT KAI Tak Berani Janji Tak Ada Keterlambatan Jadwal

Diposting oleh paguyubancirex Jumat, 07 Januari 2011 0 komentar

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengakui masih sulit untuk mengatasi masalah keterlambatan jadwal kereta. Untuk saat ini PT KAI masih mengutamakan faktor keselamatan penumpang terlebih dahulu.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito dalam saat ditemui di kantor JRC, Jakarta, Jumat (7/1/2011).

"Masalah keterlambatan itu masih sulit diatasi, karena kan kita masih mau kejar keselamatannya dulu. Kalau keterlambatan masih belum bisa janji karena masih satu track dan sebagainya," tuturnya.

Sulistyo mengatakan, pihaknya saat ini tengah ngebut memenuhi standar pelayanan dan fasilitas kereta api karena takut terkena penalti dari pemerintah. Kenaikan tarif kereta kelas ekonomi yang dilakukan mulai besok membantu pendanaan PT KAI.

"Pemerintah akan memberikan kita penalti kalau kita tidak memenuhi pelayanan fasilitas. Kita kan ada kontrak dengan pemerintah dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM)," kata Sulistyo.

Dalam kesempatan tersebut, Sulistyo mengatakan, dalam usaha perseroan renovasi atau perbaikan kereta seringkali sia-sia karena ulah beberapa penumpang iseng yang cenderung melakukan tindakan vandalisme.

"Kita akan merenovasi kereta-kereta. Misalnya, untuk pintu, kita perbaiki namun nanti ada yang dirusak karena pintunya diganjal. Jadi kita balapan antara perbaikan (renovasi) dengan vandalisme," katanya.

Selain itu PT KAI juga berpacu untuk merenovasi kereta-kereta yang rusak karena sering dilempari batu.

"Kita berpacu dengan lemparan batu yang tidak pernah selesai ini. Kita ingin standarkan keamanannya. Jadi kalau ada pintu, itu harus ditutup," tukas Sulistyo.
:: News Link :::

| | edit post


Tarif kereta api kelas ekonomi akan naik berkisar Rp 500 hingga Rp 8.500 tergantung jarak tempuh. Dengan kenaikan ini banyak fasilitas yang dijanjikan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan dengan kenaikan ini fasilitas kereta api kelas ekonomi bakal ditingkatkan. "Fasilitas KA yang akan ditingkatkan adalah keamanan penumpang, kipas asing, lampu bordes dan penumpang, kebersihan toilet, dan fasilitas keselamatan seperti alat pemadam api ringan. Selain itu ada restorasi untuk KA jarak jauh dan sedang," tutur Sulistyo dalam jumpa pers di Kantor JRC, Jakarta, Jumat (7/1/2011). Sulistyo mengatakan, kenaikan tarif KA ekonomi ini merupakan hal baru sebab sejak 2002-2008 tidak ada kenaikan tarif KA ekonomi. "Tapi di 2009 justru KAI menurunkan tarif KA ekonomi. Jadi kenaikan tarif diperlukan untuk mendukung KAI meningkatkan poelayanan kepada konsumen," kata Sulistyo. Menurutnya, besaran kenaikan tarif ini tetap memperhatikan kepentingan dan kemampuan masyarakat luas. "Kami akan terus meningkatkan keamanan dan ketepatan waktu sebagai variabel penting keselamatan konsumen," tukas Sulistyo. Seperti diketahui, mulai besok Sabtu (8/1/2011), seluruh tarif kereta api kelas ekonomi naik.

::: News Link :::

| | edit post

Daftar Kenaikan Tarif KA Ekonomi

Diposting oleh paguyubancirex 0 komentar

Mulai besok, Sabtu (8/1/2011), PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) akan menaikkan tarif kereta api ekonomi. Besaran kenaikannya antara Rp 500 sampai Rp 8.500 tergantung jarak tempuh.

Dalam siaran pers PT KAI, Jumat (7/1/2011) dikatakan kenaikan tarif ini berdasarkan Peraturan Menhub Nomor KM.35 Tahun 2010 tanggal 23 Juni 2010 tentang tarif angkutan orang dengan kereta api kelas ekonomi. Dan peraturan Menhub Nomor KM.48 Tahun 2010 tentang perubahan atas peraturan Menteri Perhubungan tadi tanggal 4 Agustus 2010.

Besaran kenaikan tarif kereta api ekonomi ini terbagi dalam 5 jenis tarif antara lain:
  • Tarif KA ekonomi jarak jauh antara Rp 4.000-8.500
  • Tarif KA ekonomi jarak sedang Rp 1.000-5.500
  • Tarif KA ekonomi jarak dekat Rp 500-2.000
  • Tarif Kereta rel diesel Rp 500- 1.500
  • Tarif KRL Rp 500-2.000
PT KAI mengatakan, makin meningkatnya biaya operasi dan perawatan sarana akibat inflasi dan keterbatasan dana pemerintah dalam memberikan subsidi menjadi alasan mengapa KA kelas eknomi butuh penyesuaian tarif untuk menutupi peraturan tersebut.

"Kenaikan ini hal baru karena sejak 2002-2008 tarif KA ekonomi tidak mengalami kenaikan. Tapi di 2009 justru KAI menurunkan tarif KA ekonomi, kenaikan tarif diperlukan untuk mendukung KAI meningkatkan poelayanan kepada konsumen," demikian bunyi siaran pers tersebut.

Berikut beberapa daftar tarif baru kereta ekonomi:
  • KA Kertajaya tujuan Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen, naik dari Rp 43.500 menjadi Rp 52.000 (19,5%)
  • KA Kahuripan tujuan Kediri-Padalarang, naik dari Rp 38.000 menjadi Rp 45.000 (18%)
  • KA Logawa, tujuan Purwokerto-Jember, naik dari Rp 40.500 menjadi Rp 46.000 (13,5%)
  • KA Kutojaya Utara, tujuan Kutoarjo-Tanah Abang, naik dari Rp 28.000 menjadi Rp 32.000 (14,2%)
  • KA Siantar Ekspres, tujuan Medan-Siantar, naik dari Rp 12.000 menjadi Rp 13.000 (8,3%)
  • KA Brantas, tujuan Kediri-Tanah Abang, naik dari Rp 45.500 menjadi Rp 52.000 (14,2%)
  • KA Putri Deli, tujuan Binjai-Medan, naik dari Rp 14.00 menjadi Rp 16.000 (14,2%)
  • KA Serelo, tujuan Kertapati-Lubuk Linggau, naik dari Rp 15.000 menjadi Rp 18.000 (20%)
  • KRL Jakarta Kota-Bogor, naik dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.500 (75%)
  • KRL Manggarai-Bekasi, naik dari Rp 1.500 menjadi Rp 2.500 (66,6%)
  • KRL Tanah Abang-Serpong, naik dari Rp 1.500 menjadi Rp 2.500 (66,6%)
  • KRL Ekonomi AC Jakarta Kota-Bogor, naik dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.000 (27,2%)
  • KRL Ekonomi AC Jakarta Kota-Bekasi, naik dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.000 (33,3%)
  • KRL Ekonomi AC Manggarai-Serpong, naik dari Rp 5.500 menjadi Rp 6.000 (9,09%).
::: News Link :::

| | edit post

Atasi Keterlambatan Kereta, PT KAI Tambah 30 unit KRL

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 05 Januari 2011 0 komentar


Jakarta - Berita baik bagi anda yang biasa menggunakan jasa KRL untuk berpergian. PT KAI menambah 30 unit rangkaian baru guna mengatasi keterlambatan kereta yang selama ini sering terjadi.

"Untuk pengoperasiannya sendiri akan dilakukan secara proporsional di setiap lintas dengan pertimbangan melihat lintas yang paling padat penumpangnya. Contohnya, lintas Bogor - Jakarta yang merupakan lintas terpadat," tandas Sekretaris PT KAI Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran dalam rilisnya, Kamis (6/1/2011).

30 unit KRL yang baru ini tiba di pelabuhan Tanjung Priok Jumat (31/12/2011) silam. Kereta-kereta tersebut akan siap beroperasi mulai bulan Februai setelah sebelumnya dilakukan sertifikasi. Penambahan kereta berseri 05 ini merupakan bagian dari 110 unit armada baru yang berhasil didatangkan oleh PT KCJ sepanjang tahun 2010.

Kereta-kereta baru tesebut akan dioperasikan untuk kelas ekonomi AC dan ekspres. Nantinya gerbong khusus untuk wanita juga terdapat di kereta tersebut. PT KJC berharap penambahan armada baru ini bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang, sekaligus bisa menjadi kado awal tahun bagi pengguna kereta api Commuter di Jabodetabek.

Menurut Direktur Utama PT KCJ, Bambang Wibiyanto, pada tahun 2010 PT KCJ berhasil mendatangkan seri 7000 sebanyak 40 unit yang tiba bulan Maret hingga Juni dan sudah disertifikasi serta telah beroperasi. Sementara, di bulan Juli – Oktober KCJ menambah lagi 20 unit seri 05 yang sudah bersertifikasi dan akan siap beroperasi awal tahun 2011.

“Awalnya kami mentargetkan 80 unit armada baru di tahun 2010 ini, tetapi kami justru berhasil melampaui target tersebut menjadi 110 unit, dan sisanya 20 unit seri 6000 tiba akhir bulan Januari ini serta diharapkan dapat beroperasi akhir bulan Maret 2011, ” kata Bambang.

::: News Link :::

| | edit post

Gerbong KA Gajayana Tabrak Tiga Rumah

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 04 Januari 2011 0 komentar

Selasa, 4 Januari 2011 18:31 WIB


Gerbong KA Gajayana tabrak rumah warga

Empat gerbong Kereta Api Gajayana menabrak rumah warga di area Stasiun Kota Malang sekitar pukul 13.30 WIB pada Selasa siang, (4/1).
Peristiwa tersebut berawal ketika empat gerbong tanpa lokomotif itu sedang parkir di Jalur empat atau jalur aman. Namun, secara tiba-tiba gerbong berjalan mundur dengan sendirinya dan menabrak tiga rumah warga.
Selain merusak tiga rumah, kejadian tersebut membuat dua balita kembar tertimpa reruntuhan. Rosid, (3) menghembuskan nafas terkahir di RS Malang. Sementara Riski, masih menjalani perawatan intensif.
Kecelakaan kereta tersebut tak mengganggu jadwal kereta lain karena kecelakaan terjadi di jalur parkir. Hingga kini, petugas masih melakukan evakuasi terhadap empat gerbong yang diperkirakan selesai pada Rabu pagi, (5/1).

Empat gerbong Kereta Api Gajayana menabrak rumah warga di area Stasiun Kota Malang sekitar pukul 13.30 WIB pada Selasa siang, (4/1).

Peristiwa tersebut berawal ketika empat gerbong tanpa lokomotif itu sedang parkir di Jalur empat atau jalur aman. Namun, secara tiba-tiba gerbong berjalan mundur dengan sendirinya dan menabrak tiga rumah warga yang berada di area Stasiun Kota Malang.

Selain merusak tiga rumah, kejadian tersebut membuat dua balita kembar tertimpa reruntuhan rumah. Rosid, (3) menghembuskan nafas terkahir di RS Malang. Sementara Riski, masih menjalani perawatan intensif.

Kecelakaan kereta tersebut tak mengganggu jadwal kereta lain karena kecelakaan terjadi di jalur parkir. Hingga kini, petugas masih melakukan evakuasi terhadap empat gerbong yang diperkirakan selesai pada Rabu pagi, (5/1).

Humas PT KAI DAOP I, Rizalulhaq Mateta menegaskan bahwa rumah tersebut berada di area yang tidak semestinya. Menurutnya, rumah warga berada dalam area Stasiun Kota Malang.

Saat ditanya mengenai tewasnya satu balita, dia menjelaskan bahwa korban tewas sesaat setelah dilakukan perawatan di Rumah Sakit Malang. Korban luka bukan karena terkena gerbong KA Gajayana melainkan akibat terkena reruntuhan rumah warga.


::: News Link ::

| | edit post