SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



Cegah Tiket Palsu, Ini Siasat Baru Kereta Api

Diposting oleh paguyubancirex Kamis, 03 Mei 2012


Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengeluarkan sistem tiket baru berbasis internet, mobile, dan mesin tiket yang terintegrasi dengan perbankan untuk kereta api (KA) kelas ekonomi jarak jauh.

Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Infrastruktur dan Logistik, Sumaryanto Widayatin mengatakan kebijakan baru ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang.

"Ini merupakan salah satu perbaikan pelayanan," ungkapnya kepada detikFinance, Kamis (3/5/2012).

Sumaryanto juga mengatakan lewat sistem tiket yang baru ini, pemalsuan tiket kereta api dapat dicegah. "Ya, palsu (tiket) pasti selalu ada, intinya semakin kita bikin secara elektronik maka kontrolnya gampang," sebutnya.

Soal tiket palsu ini memang pernah disindir langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. Putera Dahlan pernah membeli tiket kereta api tapi ternyata ada juga penumpang yang memiliki tiket yang sama, sehingga Dahlan sempat menegur Direktur Utama Kereta Api, Ignasius Jonan. Tetapi Sumaryanto membantah, apa yang dilakukan oleh pihak Kereta Api sebagai respons dari apa yang pernah dialami oleh putera Dahlan.

"Bukan karena Pak Dahlan, itu konsepnya untuk perbaikan," tambahnya.

Seperti dikutip dari situs Kementerian BUMN, PT Kereta Api melakukan penerapan sistem tiket elektronik berbasis internet, mobile, dan mesin tiket yang terintegrasi dengan perbankan.

Adapun perubahan tersebut akan dilaksanakan 4 (empat) tahap yaitu :

Tahap I, akan dimulai pada 9 Mei 2012 untuk KA Kertajaya (Tanjung Priok-Surabaya Pasarturi), KA Tawangjaya (Semarang Poncol-Pasar Senen) dan KA Tegal Arum (Jakarta Kota-Tegal).

Tahap II, direncanakan akan dimulai pada 15 Mei 2012 berlaku untuk KA Pasundan (Surabaya Gubeng – Kiara Condong), KA Kahuripan (Kediri-Padalarang), KA Kutojaya Selatan (Kutoarjo-Tanah Abang), KA Serayu I-II dan KA Serayu III-IV (Kroya-Jakarta Kota).

Tahap III, akan dimulai pada 23 Mei 2012 berlaku untuk KA Gayabaru Malam Selatan (Surabaya Gubeng-Jakarta Kota), KA Bengawan (Solo Jebres-Tanah Abang), KA Progo (Pasar Senen-Lempuyangan), dan KA Kutojaya Utara (Kutoarjo-Tanah Abang).

Tahap IV, direncanakan pada 30 Mei 2012 untuk KA Sritanjung (Banyuwangi-Surabaya Gubeng-Lempuyangan), KA Logawa (Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember), KA Tawangalun (Banyuwangi-Bangil-Malang Kota Lama), KA Matarmaja (Malang-Pasar Senen) dan KA Brantas (Kediri-Tanah Abang)


. :::: News Link :::