SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI


Sebanyak 15 caleg untuk DPRD Cirebon menjalani pengobatan mental di Majelis Dzikir Darul Lukman. Para caleg ini stres karena gagal mendulang suara terbanyak dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 lalu.
Seperti yang dialami Caca, caleg DPRD Kabupaten Cirebon nomor 2 daerah pemilihan 5 Partai Karya Pembangunan (Pakar Pangan). Dirinya mengalami depresi setelah mengetahui perolehan suaranya rendah dan tidak lolos menjadi anggota DPRD.
Caca pun kini sedang menjalani terapi dengan dimandikan air yang berasal dari waduk setu patok. Ustad Ujang Bustomi, selaku pimpinan Majelis Dzikir Darul Lukman, juga membacakan ayat-ayat suci Al-Quran.
Menurut Ustad Ujang Bustomi, sejak 9 April 2009 lalu atau setelah pencontrengan, dirinya menerima sedikitnya 10 pasien dan 5 pasien kritis. Seluruhnya merupakan caleg maupun ketua tim sukses yang kalah dalam pemilu.
"Uang yang mereka keluarkan sangat tinggi, bahkan salah seorang caleg sampai mengeluarkan biaya hingga 3 miliar saat kampanye. Kebanyakan caleg mengalami depresi, sering melamun, sulit berbicara dan pikiran mereka tidak tenang. Karena sebelumnya sudah membayangkan diri duduk menjadi anggota dewan," ujar Ujang, Selasa (14/4/2009).
Para caleg ini rata-rata enggan dibawa ke rumah sakit karena kemungkinan tidak memiliki biaya untuk berobat."Di sini kami obati tanpa memungut biaya. Depresi seperti ini bisa diobati hanya dengan kekuatan doa. Yang terpenting adalah pikiran yang tenang dan keiklasan untuk menerima kekalahan," imbuhnya.