SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Sering Ribut, Masyarakat akan Kecewa Lihat Sikap Anggota Pansus

Diposting oleh paguyubancirex Kamis, 14 Januari 2010

Jum'at 15 Januari 2010


Sering Ribut, Masyarakat akan Kecewa Lihat Sikap Anggota Pansus

Dalam proses penyelidikan, anggota pansus lebih sering bertikai antar sesama. Kadang pertikaiannya justru keluar dari konteks permasalahan yang sedang dihadapi.

Sebagai contoh pihak yang seperti tidak bosan mencari musuh adalah anggota dari Fraksi Demokrat, Ruhut Sitompul. Beberapa kali tingkah laku Ruhut membuat panas suasana rapat.

Yang paling terbaru soal penyebutan kata 'Daeng' kepada mantan Wapres Jusuf Kalla. Sebagian anggota pansus mengkritik keras pernyataan Ruhut. Bagi mereka, sebutan itu justru dianggap tidak sopan.

Situasi tersebut justru akan membuat turun kredibilitas anggota pansus di mata masyarakat.

"Masyarakat akan kecewa melihat anggota dewan seperti itu. Simpati masyarakat juga akan berkurang melihat cara yang kurang etis," ujar pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Andrinof Chaniago kepada detikcom, Kamis (14/1/2009) malam.

Mengenai Ruhut, Andrinof dinilai memang sengaja dan direncanakan untuk menjadi benteng setiap pertanyaan yang muncul dalam rapat pansus.

"Ada kesengajaan dan perencanaan untuk Ruhut. Minimal membendung serangan yang berlebihan dan melebar," kata Adrinof.

Adrinof mengatakan, anggota pansus selama ini belum membangun dan memisahkan antara substansi dengan emosional.

"Jika fokus ke substansi, tidak perlu marah-marah atau dengan nada tinggi. Dalam politik itu yang penting perdebatan substansi tidak perlu dengan nada marah dan sebagainya," tutupnya.

Sumber Berita