SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



Tiket Kereta Api Malam Jelang Liburan Ludes

Diposting oleh paguyubancirex Senin, 22 Februari 2010

Tiket kereta api tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Jombang, dan Malang untuk perjalanan malam menjelang liburan, Kamis (25/2), ludes terjual.

Wakil Kepala Stasiun Senen Jakarta Pusat Iwan Riyanto mengatakan, ludesnya tiket karena dapat dipesan sejak satu bulan sebelum pemberangkatan, terutama kelas bisnis dan eksekutif.

Sedangkan kelas ekonomi dijual satu minggu sebelum pemberangkatan. “Setiap liburan panjang, tiket malam menjelang liburan selalu habis jauh sebelumnya,” ujar Iwan kepada Tempo di kantornya, Senin malam (22/2).

Namun masyarakat yang tetap ingin pergi malam menjelang liburan bisa mendapatkan tiket tambahan. Semua pemberangkatan, kata Iwan, mendapat satu gerbong tambahan. “Jumlah gerbong tergantung kebijakan daerah, Jakarta tidak memiliki gerbong,” ujarnya.

Dia menyebutkan, gerbong tambahan yang biasa diberikan oleh daerah memiliki kapasitas kursi untuk kereta eksekutif 52, bisnis 62, dan ekonomi 106. Khusus untuk bisnis dan ekonomi menampung tiket berdiri alias tidak mendapatkan tempat duduk. Jumlah tiket berdiri 50% dari total tiket duduk.

Tiket tambahan ini dijual tiga jam sebelum jam pemberangkatan. Tiket tujuan Surabaya dan Jombang dijual mulai pukul 12.00 WIB, tujuan Yogyakarta, Solo, dan Semarang dibuka pukul 16.00 WIB. Stasiun Senen lebih banyak menjual kereta kelas bisnis dan ekonomi. Kereta kelas eksekutif sebagian besar penjualan dilayani di Stasiun Gambir Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Tempo tiket masih tersedia untuk pemberangkatan Kamis pagi (25/2), serta Jumat pagi dan malam (26/2).
News Link