SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



Bantalan Rel Lapuk Diduga Penyebab KA Anjlok di Jember

Diposting oleh paguyubancirex Senin, 01 Maret 2010


Jember - Penyebab anjloknya KA Mutiara Timur di Kalisat-Stasiun Kotok, Jember dipicu lapuknya bantalan rel dari kayu. Bantalan rel dari kayu hanya kuat bertahan 2-3 tahun.


"Sangat mungkin faktor lapuknya bantalan rel yang terbuat dari kayu. Tetapi penyebab pastinya masih menunggu penyelidikan dari tim," kata Manajer Komersial PT KA Daops IX Jember,Slamet Sriyanto kepada detiksurabaya.com, Senin (1/3/2010).

KA Mutiara Timur anjlok di Jember pada pukul 12.39 WIB, Minggu (28/2/2010).Kereta berangkat dari Banyuwangi ke Surabaya dan membawa 9 rangkaian gerbong.

7 kereta anjlok, 1 kereta anjlok separuh dan 1 kereta tidak anjlok atau masih berada di atas rel. Kejadian itu terjadi pada pukul 11.29 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Bantalan dari kayu itu rencananya diganti pada tahun 2010 ini dengan menggunakan dana APBN. Bantalan yang akan diganti mulai dari Klakah, Lumajang hingga Kalisat, Jember. Sementara sisanya dari Kalisat ke Banyuwangi masih menunggu anggaran selanjutnya.

"Kalau bantalan diganti dengan beton, diharapkan meminimalisir kecelakaan kereta api," ungkap Slamet.

Jalur Jember-Banyuwangi yang sempat tidak bisa dilalui akibat anjloknya Mutiara Timur sudah normal. Petugas mengevakuasi gerbong dan memperbaiki rel.
::: News Link::::