SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



PROYEK REL GANDA CIREBON-KUTOARJO TUNTAS 2012

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 21 April 2010


Proyek Rel Ganda Cirebon-Kutoarjo Tuntas 2012

PURWOKERTO--Proyek pembangunan rel ganda di wilayah Daerah Operasi (Daop V) Purwokerto, diharapkan tuntas seluruhnya pada tahun 2012. Bila seluruh pengerjaan proyek tersebut selesai seluruhnya, maka jalur KA dari Jakarta hingga Solo sudah menjadi dua jalur.

Kepala Humas PT KAI Daop V Purwokerto, Surono, menyebutkan, untuk wilayah Daop V, jalur rel ganda KA yang sudah selesai dibangun, baru ruas yang menghubungkan antara stasiun Purwokerto dan Patuguran. ''Jalur ganda di ruas jalur itu dibangun tahun 2009, dan saat ini sudah difungsikan,'' katanya, Rabu (21/4).

Sedangkan untuk tahun 2010 ini, proyek jalur ganda yang sedang dilaksanakan pembangunannya adalah untuk ruas jalur antara Patuguran-Kretek dan Linggapura-Prupuk. Total panjang jalur yang sedang dibangun, mencapai 32 kilometer. ''Proyek pembangunan jalur ganda tersebut, diharapkan sudah selesai dan bisa diujicoba pada Bulan Agustus 2010, atau sebelum lebaran,'' jelasnya.

Sedangkan untuk ruas jalur antara Kretek-Linggapura, rencananya akan mulai dikerjakan pada tahun 2011, bersamaan dengan pembangunan ruas jalur antara Purwokerto-Kroya. Surono menyebutkan, untuk pembengunan real ganda di kedua ruas jalur itu, pembangunannya memang agak belakangan, karena tingkat kesulitannya tergolong tinggi dan membutuhkan biaya relatif besar.

''Hal ini karena akan cukup banyak pekerjaan konstruksi yang dilakukan, baik berupa pembangunan jembatan maupun pengeprasan tebing,'' jelasnya.


::: News Link ::