SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

KA vs Bus di Karanganyar

Diposting oleh paguyubancirex Senin, 03 Mei 2010

Kapolres: Penjaga Pintu Perlintasan Telat Terima Pemberitahuan
Karanganyar - Kapolres Karanganyar, AKBP Edi Suroso, mengatakan petugas penjaga perlintasan pintu kereta api di Palur, Karanganyar, terlambat menerima pemberitahuan kedatangan kereta dari stasiun terdekat.

Keterlambatan itulah yang menyebabkan terjadinya kecelakaan antara KA Bangun Karta jurusan Jombang-Jakarta dengan bus PO Langsung Jaya dan beberapa kendaraan lain.

"Keterangan awal yang kami terima dari penjaga pintu perlintasan di Palur menyebutkan, dia terlambat mendapatkan pemberitahuan dari stasiun terdekat yaitu Stasiun Kemiri yang sebelumnya dilewati KA Bangun Karta," papar Edi Suroso di lokasi kejadian, Minggu (2/5/2010) malam.

Edi mengatakan, petugas tersebut saat ini telah bersama petugas kepolisian. Disamping untuk dimintai keterangan lebih lanjut, juga untuk menghindarkan kemungkinan petugas tersebut menjadi sasaran kemarahan warga serta keluarga korban.

Seperti diberitakan sebelumnya, kecelakaan terjadi di perlintasan KA Palur, Karanganyar. KA Bangun Karta menabrak bus PO Langsung Jaya AD 1528 AF, beberapa motor serta pejalan kaki yang sedang menyeberang di perlintasan. Saat kejadian palang pintu dalam keadaan terbuka.

Saksi mata menuturkan, ketika KA sudah berada tepat di depan pos penjagaan pintu yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari perlintasan, pintu perlintasan baru terlihat bergerak turun.

Hingga saat ini korban tewas sejumlah empat orang. Dua di antaranya adalah ibu dan anaknya yang berboncengan motor dan tertimpa bus. Tiga korban tewas saat ini masih berada Labfor UNS, sedangkan satu korban tewas masih berada di RS Dr Oen, Solo.

Sementara itu dua korban luka berat dirawat di RS Oen Solo, satu korban luka berat di RS Dr Moewardi. Hingga saat ini nama-nama korban meninggal dan luka belum bisa dikonfirmasi.

::: News Link ::