SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

KA Logawa Terguling

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 29 Juni 2010

Penyebab Kecelakaan Diduga karena Banyaknya Baut Rel yang Dicuri
Nganjuk - Proses perbaikan rel yang rusak akibat tergulingnya KA Logawa di sekitar perlintasan Wilangan - Saradan, terus dikebut oleh PT Kereta Api. Sementara penyebab kecelakaan diduga akibat banyaknya baut rel yang dicuri oleh orang tak bertanggung jawab.

Dugaan tersebut disampaikan Humas Daops VII Madiun Haryono, saat ditemui detikcom di lokasi kejadian, Selasa (29/6/2010) malam. Salah satu indikasi yang dijadikan alasan adalah kondisi rel yang masih baru, sehingga kecil kemungkinan tak kuat menahan beban kereta.

"Sekadar diketahui rel ini baru diperbaiki 2 tahun lalu, jadi masih baru dan menggunakan rel berstandar R 54. Artinya, setiap 1 meter rel memiliki berat 54 kilogram dan itu sangat ideal," jelas Haryono.

Haryono menambahkan, untuk memastikan penyebab kecelakaan hingga menjadikan rel patah sepanjang sekitar 300 meter, PT KA akan berkoordinasi dengan KNKT. Proses identifikasi dijadwalkan dilaksanakan Rabu (30/6/2010) besok.

"Sekarang kita hanya cari data awal dan belum bisa menyimpulkan dan besok akan kami lakukan bersama KNKT," imbuh Haryono.

Pantauan detikcom di lokasi kejadian, hingga pukul 20.00 WIB proses perbaikan rel terus dikebut dan ditargetkan selesai dilakukan pukul 24.00 WIB, untuk selanjutnya dilakukan uji coba rel. Sementara evakuasi bangkai gerbong yang terguling akan dilakukan apabila rel telah siap digunakan.

"KA Kumbokarno sekarang sudah ada di Stasiun Saradan dan siap meluncur kesini. Pokoknya rel siap, evakuasi akan segera dilakukan," tegas Haryono.

Diberitakan sebelumnya, KA Logawa jurusan Purwakarta - Jember, anjlok dan terguling di sekitar perlintasan Wilangan - Saradan. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 3 gerbong terguling, hingga menjadikan 6 nyawa penumpang melayang dan 73 lainnya luka-luka.

:::: News Link :::