SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Pemalsu Tiket KA Dibekuk Polisi

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 27 Juni 2010

Jakarta - Ada-ada saja perbuatan Aris Purwanto (32), warga Bogor ini. Hanya karena nggak mau mengeluarkan uang untuk bayar tiket kereta api, Aris nekat memalsukan tiket tersebut.

Karena perbuatan melanggar hukum itu diketahui petugas kereta api, kini Aris harus menanggung resiko, meringkuk di balik jeruji besi.

Kapolsek Tebet Kompol Udik Tanang mengatakan pelaku dibekuk petugas keamanan stasiun kereta api Cawang, Tebet pada Kamis (24/6) siang. Pelaku dibekuk saat menggunakan tiket tersebut untuk menumpang kereta dari Bogor.

"Pelaku menggunakan tiket kereta api ekonomi AC palsu dan berangkat dari Bogor. Namun saat hendak turun di stasiun Cawang, petugas yang memeriksa karcis mengetahui bahwa tiketnya palsu," katanya.

Dari tangan pelaku polisi berhasil menyita 161 tiket palsu kelas Ekonomi AC dan Pakuan Express jurusan Bogor-Jakarta. Pelaku sudah mencetak tiket tersebut selama 3 bulan.

"Dan hanya digunakan sebanyak 3 kali," katanya.

Tiket tersebut, kata dia, hanya digunakan untuk keperluan pribadi, tidak untuk dijual ke orang lain. Pelaku yang bekerja di salah satu percetakan yang berada di Pulogadung ini, menggunakan keahliannya untuk membuat tiket palsu.

"Dia men-scan lalu mem-print tiket palsu itu," imbuhnya.

Berdasarkan pengakuan pelaku, tiket palsu tersebut dibuat di salah satu rental komputer yang berada di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Aris mengaku menyesal dengan perbuatannya itu. Hal itu dilakukan dia untuk meringankan ongkos transportasi ke tempatnya bekerja.

"Biar nggak bayar, jadi bisa menghemat ongkos," ujarnya.

Akibat perbuatannya itu, pelaku dikenakan Pasal 263 tentang pemalsuan dengan ancaman 6 tahun penjara.

::: News Link :::