SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Musim Libur Sekolah Jumlah Penumpang Kereta Api Naik 15 Persen

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 11 Juli 2010

24 Juni 2010 | 15:09 wib | Daerah

Musim Libur Sekolah Jumlah Penumpang Kereta Api Naik 15 Persen

Yogyakarta, CyberNews. Memasuki musim liburan sekolah Yogyakarta, dibanjiri wisatawan domestik yang datang dari berbagai daerah dengan berbagai macam alat transportasi termasuk kereta api. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah penumpang kereta api memasuki libur panjang sekolah.

Setidaknya jumlah penumpang kereta api mulai dari kelas eksekutif hingga kelas ekonomi, sejak liburan anak sekolah ini mengalami kenaikan hingga 15 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa.

''Pada hari biasa, jumlah penumpang kereta api dengan jumlah kursi yang tersedia hanya terisi 70 persen, namun saat libur panjang, jumlah kursi kereta api yang terisi hingga 90 persen,'' kata Eko Budiyanto, Kepala Humas PT KAI, Daop VI, siang tadi (24/6).

Jumlah penumpang ini akan mencapai puncaknya, terutama pada hari Sabtu dan Minggu dengan berbagai tujuan terutama di Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Bahkan, peningkatan ini mencapai 100 persen, sehingga banyak penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk sehingga terpaksa harus berdiri.

''Untuk kereta kelas bisnis toleransi penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk sebanyak 25 persen dari kursi yang ada dan untuk kelas ekonomi mencapai 50 persen. Khusus untuk kereta kelas eksekutif tidak ada tiket tanpa tempat duduk. Jika penumpang memaksa naik dengan tiket tanpa tempat duduk maka harus membuat surat pernyataan terlebih dahulu '' katanya.

Eko memprediksi pada awal Juli mendatang, jumlah pengguna kereta api akan semakin tinggi karena bersamaan dengan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah yang akan digelar pada tanggal 3 hingga 8 Juli mendatang.

Khusus dalam liburan panjang sekolah ini, kereta Pramek jurusan Kutoarjo-Solo, banyak dimanfaatkan oleh pelajar Taman Kanak-Kanak maupun anak-anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mengenalkan kereta api sembari berwisata ke daerah Solo-Yogyakarta maupun Kutoarjo.


::: News Link ::