SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Peluncuran kereta New ARGO JATI

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 03 November 2010


CIREBON, (PRLM).- Kereta api (KA) New Argo Jati seharga Rp 30 miliar Rabu (3/11) mulai dioperasikan penggunaannya. Peluncuran KA yang dibuat PT Inka Madiun, dilakukan oleh Wali Kota Cirebon Subardi disaksikan Wakil Direktur Utama PT KA Darmawan Daud di Stasiun Kejaksan Kota Cirebon.

Subardi berharap, Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon kembali mendapat tambahan kereta mewah sejenis.
"Apalagi selain mewah, kereta ini juga ramah lingkungan karena buangan toiletnya langsung diproses, sehingga ketika dibuang tidak lagi mencemari lingkungan," katanya saat meninjau ke dalam kereta.

Menurut Wadirut PT KA Darmawan Daud, Daop 3 Cirebon diberi kehormatan mendapatkan kereta tersebut karena memiliki keunggulan tersendiri. "Selain sebagai wilayah transit, selama ini Cirebon juga menjadi tujuan wisata dan bisnis," kata Daud.

Daud menjelaskan, pengoperasian kereta cepat tersebut juga bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan di jalur pantura. "Dan yang penting lagi, kami berharap pengoperasian kereta cepat ini, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Cirebon," paparnya.

Sementara itu Kadaop 3 Cirebon Muhardjito menyatakan, kereta cepat yang melayani rute Cirebon-Jakarta pulang pergi tersebut, nilai investasi untuk satu gerbong mencapai Rp 4,5 miliar sampai Rp 5 miliar.
"Sehingga total investasi untuk enam gerbongnya kan bisa dihitung sendiri berapa kan," katanya didampingi Wakadaop Susi Munawati dan Humas Daop 3 Ruddy Effendi.

Menurut Muhardjito, kereta New Argo Jati merupakan satu-satunya kereta dengan desain interior mirip pesawat terbang, dari mulai bagasi, tirai jendela sampai desain dan fasilitas toiletnya.
Selain memiliki ruang khusus merokok, kereta dengan jumlah gerbong enam, memiliki fasilitas wi-fi di ruang retorasinya. "Dari mulai jenis dan desain interior yang mirip pesawat, KA New Argojati merupakan satu-satunya di Indonesia," katanya. Meski desainnya lebih mewah sehingga lebih nyaman, tiket yang dijual sama dengan kereta Argo Jati sebelumnya yakni Rp 90.000,00.

Berdasarkan pengamatan "PRLM", desain interior KA New Argo Jati memang mirip benar dengan desain interior pesawat terbang. Begitu juga halnya dengan toiletnya. Bahkan toilet KA New Argo Jati lebih luas sehingga lebih nyawan ketimbang pesawat. Sementara untuk restorasi, didesain seperti restoran cepat saji dengan kursi busa yang empuk.

:: News Link ::