SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Raih Rekor MURI

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 15 Februari 2011

Kereta Batik Habiskan 120 Meter Stiker

Bandung - Membuat gerbong kereta Argo Parahyangan Jurusan Bandung-Jakarta menjadi cantik, dibutuhkan 120 meter stiker. Proses penempelan stiker membutuhkan waktu tiga hari. Gerbong Rahayu Neng Bawono itu pun kini tercatat dalam rekor MURI.

"Desain yang sudah dibuat kita print pakai sistem digital printing dengan bahan stiker. Kereta ini tingginya 2,5 meter, panjangnya 21 meter, kira-kira menghabiskan 120 meter stiker," ujar Bagian Produksi MAP Digital Rika Yusiska usai peluncuran Kereta Batik di Stasiun PT KA, Jalan Kebon Kawung, Selasa (15/1/2010).

Menurut Rika, stiker tersebut tahan cuaca. Sesuai dengan Kereta Api yang tak kenal cuaca. "Stikernya sudah dipernis, anti air juga. Kalau tidak, sebulan dua bulan saja sudah pudar terkena hujan dan kepanasan," terangnya.

Stiker pada Kereta Batik ini diperkirakan akan bertahan hingga satu tahun ke depan. "Pemeliharaannya sama seperti dengan pemeliharaan branding mobil (mobil
berstiker-red). Dicuci biasa saja, dilap pakai sabun," jelasnya.

Proses penempelan stiker ini memakan waktu 3 hari. Ada sekitar 8 orang pekerja dikerahkan untuk menempelkan stiker pada kereta.

"Kendalanya lebih ke koordinasi. Karena terhubung dengan banyak pihak kita harus koordinasi, antara desain dengan produksi. Pengukuran juga agak terkendala, karena ini kan kereta berjalan. Jadi harus menyesuaikan dengan jadwal kereta," ujarnya.

::: News Link ::