SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Minimalisir Kecelakaan, Loko dan Rel Kereta Api akan Dipasang ATP

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 20 Maret 2011

Surabaya - Banyak kecelakaan kereta api yang disebabkan diantaranya oleh faktor manusia seperti masinis. Untuk meminimalisir terjadinya tabrakan antar kereta api, Direktorat Perkeretaapian Kemenhub, akan memasang alat berupa automatic train protection (ATP) di setiap rel maupun loko. Direktur Keselamatan Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Hermanto Dwiatmoko mengatakan, operasional kereta api sekarang ini mengandalkan kemampuan manusia, masinis.

"Tenaga masinis betul-betul dihandalkan, makanya tak salah masinis menjadi tumpuan kesalahan. Kalau sampai lalai ya sudah," kata Hermanto Dwiatmoko kepada wartawan di sela-sela acara Pembinaan Keselamatan SDM bagi Kontraktor dan Konsultan di Bidang Perkeretaapian Provinsi Jawa Timur di hotel di kawasan Jalan Embong Malang, Surabaya, Jumat (18/3/2011).

Untuk meminimalisir terjadinya tabrakan antar kereta api, akan dipasang alat automatic train protection (ATP). alat yang juga digunakan perekerataapian di manca negara itu juga akan diterapkan di perkeretaapian di Indonesia.

Alat tersebut akan dipasang di setiap rel yang jaraknya sekitar 1 KM dari stasiun dan juga dipasang di setiap loko. Setiap KA yang melintasi ATP, akan memberikan sinyal atau frekuensi dan memberikan nyala lampu merah.
Jika tidak ada pengereman yang dilakukan masinis, dalam waktu 4 detik, ATP akan berfungsi melakukan pengereman sendiri.

"Misalnya masinis lupa mengerem karena mengantuk, atau ngobrol maupun tertidur, secara otomatis akan melakukan pengereman sendiri," tuturnya.
Untuk loko KA di Pulau Jawa, terdapat sekitar 400 KA barang maupun penumpang. Itu pun belum termasuk KRL maupun KRD. Jika dihitung, total loko di Pulau Jawa sekitar 1.000 loko. Sedangkan, stasiun di sepanjang lintasan di Pulau Jawa sebanyak sekitar 400 stasiun. Dana untuk pengadaan alat ATP itu membutuhkan dana sekitar Rp 1 triliun.
"Sekarang kita sedang membuat proposal. Kalau disetujui dan anggarannya turun, ya akan kita pasang," jelasnya.


::: News Link::