SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Urus Transportasi 'Super Murah', Dirut KAI Pilih Kemeja Lengan Pendek

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 16 Maret 2011


Ignatius Jonan (Foto: dok)
Jakarta - Seorang direktur utama akan identik dengan dasi, jas dan setelan necis. Namun Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan mengaku dirinya memilih berkemeja batik lengan pendek. Kenapa?

Jonan mengaku dirinya sengaja memakai batik lengan pendek karena pekerjaannya mengatur lalu lintas mode transportasi masal 'ekstra hemat'. Dengan Rp 1.000, masyarakat Indonesia bisa menikmati kereta ekonomi dari Jakarta hingga Tangerang.

"Makanya saya pakai lengan pendek, tidak seperti Garuda dan Merpati pakai lengan panjang," katanya dalam RDP bersama Deputi bidang Infrastruktur & Logistik Kementerian BUMN dengan Komisi VI DPR, bersama manajemen Garuda dan Merpati di Jakarta, Rabu (16/3/2011).

Jonan menilai, tarif kereta api kelas ekonomi saat ini sudah sangat murah. Bayangkan, tiket Jakarta-Tangerang dihargai Rp 1.000, tiket Jakarta-Bekasi Rp 1.500. Dan tiket Jakarta-Bogor, sedikit lebih mahal, Rp 2.000.

Saking murahnya, Jonan mengibaratkan masyarakat bisa naik kereta api ekonomi cukup dengan 2 cabai. "Yang punya 2 lombok (cabai), naik kereta. Kami juga akan hapuskan KRL non AC," candanya.

Ia juga mengakui, masih ada keterlambatan keberangkatan kereta api yang dioperasikan perseroan. Namun ini masih bisa ditelerir, karena rata-rata keterlambatan hanya 1 1/2 menit.

"Untuk kereta barang, rata-rata terlambat 50 menit. Karena ini juga dari si pemilik barang. Lagi pula, kereta angkutan penumpang lebih didahulukan," ucapnya.

"Pada angkutan kereta api barang, cargo khususnya ke daerah Jawa kan sudah pakai BBM industri. Kalau truk masih bisa pakai BBM subsidi," imbuh Jonan.

:::: News Link ::