SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

2 BUMN Garap Proyek KA Manggarai-Bandara Rp 2,27 Triliun

Diposting oleh paguyubancirex Kamis, 14 April 2011


Jakarta - Pemerintah bakal menunjuk 2 BUMN untuk menggarap proyek rel kereta api Manggarai-Tangerang-Bandara Soekarno Hatta. Kedua BUMN tersebut adalah PT Angkasa Pura II dan PT Kereta Api Indonsia (KAI).
Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan, kedua BUMN tersebut telah membentuk konsorsium bernama PT Railling Indonesia. Pembangunan jalur kereta api ini bakal dikebut pemerintah mulai 2012.
"Prioritas pertama adalah kereta api bandara, dari Manggarai ke Bandara lewat Tangerang. Yang jangka menengah panjang lewat Pluit. Prioritas yang ringan dan mendesak yang Manggarai. BUMN kita sanggup meng-handle yang lewat Tangerang," tutur Mustafa saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (14/4/2011).

Mustafa mengatakan, total pembangunan rel kereta api Manggarai-Bandara tersebut bakal menghabiskan biaya Rp 2,27 triliun. Sumber dana Rp 2 triliun bakal diambil dari APBN karena ini merupakan proyek infrastruktur pemerintah.

"Pembebasan lahan sudah bisa dilakukan. Untuk yang Tangerang ini lebih ringan dibandingkan yang lewat Pluit nanti. Nanti Pemprov DKI dan Banten ikut aktif membantu," jelas Mustafa.

Sedangkan untuk proyek rel Tangerang-Pluit-Bandara, Mustafa mengatakan biayanya lebih besar. Bisa mencapai Rp 10,7 triliun, karena banyaknya pembebasan tanah yang harus dilakukan.

Di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, untuk proyek kereta lewat Pluit tersebut bakal diserahkan ke swasta.

"Kalau ada kereta api lebih ringan, bisa meringankan beban angkutan dan melancarakan. Dan juga terjangkau untuk masyarakat Tangerang ke airport," jelas Freddy.

::: News Link ::::