SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Agar Penumpang Tak Kecele, Tiket KA Ekonomi Perlu Dijual Jauh Hari

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 26 Juli 2011

Jakarta - Selama ini tiket KA ekonomi dijual langsung di loket stasiun pada hari keberangkatan. Untuk menghindari calon penumpang yang kecele lantaran tidak kebagian tiket, ke depannya tiket KA ekonomi perlu dijual jauh hari sebelum keberangkatan sebagaimana tiket kelas lainnya.

"Dengan terbatasnya sarana, tidak mungkin nanti semua pemudik akan terangkut KA. Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang dan agar penumpang tidak kecele, mungkin ke depannya tiket bisa dijual jauh hari sebelumnya," kata Sekjen Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Ellen Sophie Wulan Tangkudung dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (26/7/2011).

Penjualan tiket KA ekonomi sejak jauh hari sebelumnya ini juga penting, agar masyarakat yang tidak kebagian tiket kereta bisa merencanakan penggunaan moda transportasi lainnya untuk mudik. Agar tidak banyak penumpukan calon penumpang KA ekonomi, ke depannya bisa didesain pula penjualan KA ekonomi secara online.

"Moda transportasi tidak hanya KA. Jadi kalau misalnya dari jauh hari sudah tahu tidak dapat tiket KA, masyarakat bisa mencari tiket bus atau kendaraan lainnya," sambung Ellen.

Ellen merasa kasihan pada calon penumpang KA ekonomi yang batal mudik lantaran tidak dapat tiket. Padahal mereka sudah datang jauh-jauh dan membawa berbagai barang bawaan.

"Saya juga berharap PT KAI tegas dengan penumpang yang memaksa naik padahal KA sudah full dan toleransi penumpang sudah dipenuhi," tambah Ellen.

Untuk layanan Lebaran tahun ini, hanya tiket KA Kertajaya (Jakarta-Surabaya Pasar Turi) yang bisa dibeli jauh hari sebelum keberangkatan, yakni pada H-7. Sedangkan tiket KA ekonomi lainnya dibeli langsung di loket stasiun pada hari keberangkatan.

::: News Link:::