SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Mulai hari ini 09 Januari 2011 Tiket KA Pakai Sistem Pesawat Terbang

Diposting oleh paguyubancirex Senin, 09 Januari 2012

Jakarta - Mulai hari ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan sistem tiket baru untuk membatasi ruang gerak calo. Para penumpang KA harus menulis nama sesuai kartu identitas setiap pemesanan tiket seperti pada pesawat terbang.

Demikian disampaikan oleh Senior Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, Mateta Rijalulhaq kepada detikFinance, Senin (9/1/2012).

"Aturan ini mulai berlaku hari ini 9 Januari 2012," jelas Mateta.

Mateta mengatakan, aturan ini juga berlaku untuk pembelian tiket secara langsung. Penulisan nama di tiket ini berlaku untuk kereta api komersial jarak jauh dan menengah.

Nama dan nomor identitas wajib diisi sesuai KTP/SIM/Passport untuk pemesanan tiket. Kalau untuk pembelian langsung hanya wajib mencantumkan nama sesuai kartu identitas tadi.

Untuk calon penumpang yang tidak mempunyai kartu identitas resmi bisa menggunakan kartu identitas lain seperti kartu pelajar. Sedangkan anak-anak di bawah umur bisa dengan hanya mengisi nama anak tersebut.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa masih adanya calo-calo yang memanfaatkan peluang tersebut karena nama yang tercantum pada tiket tidak sama dengan tanda pengenal calon penumpang. Diharapkan ini bisa menjadi salah satu cara untuk membatasi ruang gerak calo.

::: News Link :::