SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Oleh-oleh Khas Cirebon

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 13 September 2009


Jika mudik nanti Anda melintas ke kota Cirebon, tidak ada salahnya Anda mampir sejenak dan berwisata belanja oleh-oleh khas Cirebon.
Karena selain dijuluki kota Wali, Cirebon juga punya banyak panganan khas asli setempat. Mulai dari sirup buah merek lawas 'Tjampolay', kerupuk Melarat, aneka olahan udang, terasi khas Cirebon dan lain-lain. Tertarik?
Seperti sirup 'Tjampolay'. Minuman ini terkenal asli Cirebon sejak 1930-an. Dibuat secara home industry dari gula asli murni dan tidak memakan bahan kimia.
Rasanya tentu berbeda dengan sirup-sirup yang biasa Anda sajikan di meja makan. 'Tjampolay' lebih manis dan wangi.
Selain 'Tjampolay', Anda juga bisa mencoba terasi khas Cirebon. Meski secara bentuk dan warna tidak jauh berbeda dengan terasi di kota-kota lainnya. Namun aroma terasi Cirebon lebih khas dan mantab sebagai bumbu masak.
Oleh-oleh tersebut dapat Anda temukan di Pasar Pagi, Cirebon. Pusat jajanan oleh-oleh terbesar di Cirebon.
Biasanya jelang lebaran, omzet di Pasar Pagi bisa naik 3 hingga 4 kali lipat. Sebab, tempat ini sudah menjadi langganan para pemudik untuk wisata belanja.
"Biasanya mereka beli berdus-dus sampai pedagang-pedagang kewalahan," kata Yayan, salah seorang penjual toko oleh-oleh 'Sumber Ikan Asin'
Yayan menjelaskan, saat ini jajanan khas Cirebon memang bisa dijumpai di mana saja. Tapi, semua oleh-oleh di Pasar Pagi, lanjut Yayan, dipastikan lebih murah dan orisinil.
"Kita sudah puluhan tahun di sini jadi pasti dijamin asli dan murah," jelasnya.
Sirup Tjampolay rasa pisang susu yang biasanya dijual Rp 14 ribu-15 ribu, Anda bisa mendapatkannya di Pasar Pagi hanya dengan harga Rp. 12.500. Tentu apabila Anda jago dalam hal tawar-menawar, harganya bisa lebih turun lagi.
Di Pasar Pagi terdapat puluhan toko yang menjual bermacam-macam oleh-oleh. Apabila hari-hari menjelang Lebaran biasanya mereka buka hingga larut malam.
Untuk Anda yang suka wisata belanja, aneka panganan khas Cirebon bisa jadi buah tangan Anda saat tiba di kampung halaman.
Sumber Berita :