SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

PT KA Hentikan Priangan Expres Pasar Senen-Banjar

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 29 November 2009

Bandung - Setelah 3 bulan beroperasi, PT Kereta Api akhirnya menghentikan pengoperasian kereta Priangan Ekspres jurusan Pasar Senen-Banjar. Penghentian jalur tersebut karena tidak diminatinya jalur baru tersebut.
"Kereta yang dianggap okupansinya tidak memenuhi kriteria, terpaksa kami tutup," kata Vice President Humas PT Kereta Api Adi Suryatmini di kantor pusat PT Kereta Api Jalan Pelajar Pejuang, Senin (30/11/2009).
Adi mengatakan, selama tiga bulan beroperasi, tingkat okupansinya hanya 30 persen. Sementara kapasitas penumpang dari 2 kereta executive dan 2 kereta bisnis ini mampu menampung 400 penumpang.
"Kriteria okupansi kereta api minimal 60 persen," ujarnya.
Rendahnya okupansi tersebut, jelas Adi, disebabkan adanya ketidaksesuaian tarif dan jadwal keberangkatan kereta dengan masyarakat.
"Tapi sudah kami usahakan otak atik, dan tarif sudah mentok segitu, tentunya kami tidak bisa turunkan lagi. Kalau turun, malah rugi," jelasnya.
Meski demikian, kereta dapat kembali beroperasi, dengan kajian yang lebih matang, antar pihak PT Kereta Api dan Pemda sendiri.
"Kalau suatu saat dikaji lagi oleh Pemda dan PT KA lebih intens, serta hasil meyakinkan, bisa saja dijalankan kembali," kata Adi.
"Tentunya dengan kajian waktu tempuh, jam, dan tarif yang lebih akurat. Jangan sampai tarif kereta api lebih mahal dari bis," imbuhnya.
Selain Priangan Ekspres, PT KA juga akan menghentikan dua operasional kereta lainnya, yaitu kereta Cantik Expres jurusan Jember-Surabaya dan Malang Expres jurusan Malang-Surabaya.

Sumber Berita :