SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



Jelang Libur, Tiket Kereta dari Surabaya Terjual 75 Persen

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 22 Desember 2009

Rabu 23 Desember 2009
Jelang libur Natal dan Tahun Baru, seluruh tiket dari Surabaya untuk perjalanan ke Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta sudah terjual 75 persen.

“Semuanya baik eksekutif maupun bisnis hampir habis,” kata Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi VIII Surabaya Nur Amin, Rabu (16/12).

Menurut Amin, kereta angkutan natal dan tahun baru sebenarnya baru akan dimulai pada 19 Desember mendatang. Meski begitu, sistem pembelian tiket secara online, setidaknya telah membuat masyarakat bisa memesan tiket selama 30 hari sebelum keberangkatan.

PT Kereta Api memprediksikan sejak tanggal 19 Desember mendatang, jumlah penumpang angkkutan massal ini akan mulai mengalami peningkatan dan diprediksikan akan mengalami puncaknya dua hari menjelang natal dan dua hari menjelang tahun baru.

Berbeda dengan kereta eksekutif dan bisnis, pemesanan tiket kereta ekonomi bisa dilakukan saat akan berangkat karena penumpang tidak dijamin akan mendapatkan tempat duduk.

Meski tiket kereta ekonomi dan eksekutif hampir habis, namun PT Kereta Api tak akan menambah jumlah kereta. “Kita hanya akan maksimalkan jumlah gerbong kereta yang ada,” kata Nur Amin.

Kalau biasanya satu kereta hanya berisi 7-8 rangkaian kereta (gerbong), saat angkutan Natal dan tahun baru akan dimaksimalkan menjadi 12 kereta. Di Daerah Operasi VIII sendiri setidaknya terdapat 56 kereta berbagai jurusan. Selain itu, tempat duduk juga akan dimaksimalkan dengan penambahan 10 persen untuk kereta eksekutif dan bisnis serta 25 persen untuk kereta ekonomi.

Sementara itu, Yunior Manager Daop VIII, Subakir memastikan meski saat ini telah memasuki musim penghujan namun seluruh jalur kereta yang ada masih dalam kategori aman dari bahaya banjir dan longsor. “Rel di di Porong juga telah ditinggikan dan diperkuat supaya tubuh ban tidak bergeser,” terang Subakir.

Sumber Berita :