SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



Longsor Lumpuhkan Jalur Lahat-Muaraenim

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 17 Januari 2010

Senin 18 Januari 2010

Longsor Lumpuhkan Jalur Lahat-Muaraenim

Liputan6.com, Lahat: Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) di Desa Banjarsari, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan, sempat terputus selama empat jam akibat longsor sepanjang lima meter, Ahad (17/1). Pengamatan di lokasi menunjukkan, timbunan tanah yang menutupi badan jalan sempat menimbulkan kemacetan arus lalu lintas dari berbagai arah sepanjang empat kilometer.

Kapolsek Merapi Timur, Ipda Yusuf Solehat, mengatakan hujan yang mengguyur wilayah Merapi Timur sejak Sabtu tengah malam hingga menjelang pagi hari diduga mendorong terjadinya longsor. "Guyuran hujan mengakibatkan kondisi tanah di kawasan jalan provinsi di daerah Lahat ini menjadi labil dan terjadi longsor sepanjang lima meter," ujarnya seperti ditulis ANTARA.

Jalan yang berada di Desa Banjarsari memang berada di sisi tebing yang rawan longsor. Reruntuhan dari bukit tersebut menutupi ruas jalan yang ada, sehingga semua jenis kendaraan bermotor sempat kesulitan melintas dan mengakibatkan kemacetan panjang.

Kondisi terakhir longsoran tanah yang menutupi jalan sudah dibersihkan dengan melibatkan polisi, personel TNI, dan warga sekitar. Camat Merapi Timur, Akhmad Hadiah, mengatakan hujan yang turun dari malam hingga pagi hari, selain mengakibatkan longsor juga membuat satu desa terendam banjir, yaitu Desa Sirah Pulau

Sumber Berita