SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Monorel Lintas Tiga Provinsi Segera Dibangun

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 13 Januari 2010

Kamis 14 Januari 2010
Bandung: Monorel sepanjang 350 kilometer yang akan melintasi Jawa Barat, Jakarta, dan Banten, akan dibangun. Pengerjaan proyek monorel dengan rute Cirebon-Kertajati, Majalengka-Bandung-Cianjur-Bogor-Jakarta-Cengkareng ini akan dikerjakan oleh 11 konsorsium dari Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Malaysia.

"Sebelas konsorsium itu sedang melakukan proses `feasibility study`, mereka sudah berpengalaman dalam pembangunan infrastruktur monorel dalam beberapa proyek di luar negeri," kata Kepala Badan Promosi dan Penanaman Modal daerah (BPPMD) Jawa Barat, Iwa Karniwa di Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/1), seperti dikutip ANTARA.

Monorel ini akan digerakkan dengan tenaga listrik, sama dengan monorel yang dioperasikan di negara-negara Eropa termasuk di AS, Jepang dan lainnya. Pengerjaannya sendiri akan memakan biaya senilai tiga miliar dolar AS.

Terealisasinya mega proyek ini tergantung dari hasil studi feasibility tersebut. Namun, yang pasti, kesebelas konsorsium sangat serius dalam pengerjaan ini. Mereka menganggap Indonesia secara geografis sangat potensial untuk pengembangan monorel. "Tahun 2010 ini sudah mulai dilakukan proses-proses awal persiapan untuk merealisasikan monorel itu. Konsorsium itu kini tengah melakukan konsolidasi intern terkait rencana itu," kata Iwa.

"Monorel akan menjadi salah satu moda transportasi alternatif untuk mengatasi masalah angkutan di Indonesia, khususnya di Jabar," imbuh Iwa.

Sumber Berita