SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Kabupaten Cirebon"Kedawung Zona Segitiga Emas"

Diposting oleh paguyubancirex Senin, 01 Februari 2010

KEDAWUNG - Keberadaan wilayah sekitar jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung rupanya masih perlu untuk dilakukan penataan. Pasalnya selain batas wilayah yang kurang jelas, juga dalam rangka untuk meningkatkan potensi yang ada di daerah tersebut.

Menurut Sekretaris Camat Kedawung, Agus M walaupun kecamatan sudah menjadi organisasi perangkat daerah (OPD), akan tetapi kecamatan tidak mempunyai wewenang untuk melakukan hal itu. “Kecamatan hanya memfasilitasi pihak desa untuk merencanakan pembangunan (musrenbang) misalnya,” kata Agus
Melihat karakteristik masyarakat Kedawung yang begitu heterogen serta memiliki pemikiran yang tinggi, lanjutnya haruslah diimbangi dengan pelayanan yang prima.
Sementara itu, pengamat ekonomi Junaedi Noer SE MM berpendapat, kawasan Plered, Kedawung dan Tuparev merupakan daerah segi tiga emas di Kabupaten Cirebon. Menurutnya, kawasan Kedawung yang berbatasan langsung dengan Kota Cirebon secara geoekonomik sangat prospektif.
Pria yang akrab disapa Bang Jun ini menilai, kawasan tersebut telah menyediakan jasa pendidikan, bisnis retail, otomotif, perbankan, asuransi sampai bidang informasi. “Suatu daerah akan maju kalau berbasis bisnis jasa dan iptek.” kata mantan staf ahli bupati Cirebon itu.
Selain itu di wilayah weru harusnya dibuatkan sebuah sentra komoditi dengan konsep yang jelas, apalagi ini sudah direncanakan bupati dengan tujuan untuk memusatkan hasil kerajinan berbasis kerakyatan seperti kue, batik, rotan, mebeler, sandal dan hasil karya lainnya.
“Selain bisa mengangkat dan memasarkan produk lokal juga dapat menyerap tenaga kerja lokal. Saya harap pihak terkait harus bisa membuat Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang jelas. Jangan sampai potensi ini tidak bisa dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya
Radar Cirebon :