SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



Benahi Pemukiman di Jalur KA, Pemerintah Siapkan Rp 1,2 T

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 28 Maret 2010


Jakarta - Pemerintah berencana membenahi kawasan kumuh sepanjang jalur kereta Stasiun Tanjung Priok-Stasiun Senen-Kota. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 1,2 triliun.

"Beberapa kementerian telah menyiapkan anggaran Rp 1,2 trilun untuk membangun kawasan kumuh di lintas kereta api," kata Menko Kesra Agung Laksono saat melakukan kunjungan kerja di Stasiun Senen, Jakarta, Kamis (25/3/2010).

Menurut Agung, pembenahan ini berupa relokasi dan revitalisasi terhadap pemukiman warga yang ada di sekitar rel. Bukan hanya sekadar memindahkan rumah penduduk, tapi sekaligus melakukan penghijauan di sekitar rel.

Anggaran Rp 1,2 triliun berasal dari APBN. Pembenahan ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2011.

Agung juga mengatakan pada program 100 hari, pemerintah telah melakukan penertiban penduduk di sekitar jalur kereta, pengangkutan sampah dan pemagaran di kawasan 3 stasiun. Pemagaran ini dilakukan untuk menghindari warga di sekitarnya tertabrak kereta api.

Untuk pembenahan tersebut, sejumlah menteri rutin melakukan kunjungan di lokasi proyek. Kunjungan Menko Kesra ke jalur kereta ini adalah kali kedua. Kali ini Menko Kesra datang bersama Menteri Pekerjaan Umum (PU) Joko Kirmanto, Menteri Sosial Salim Assegaf, Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, dan Wakil Gubernur DKI Prijanto.

:: News Link :::