SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



Besar Kecil Normal Arus Balik Penumpang Kereta Api Terjadi Hari Ini

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 16 Maret 2010

Arus balik penumpang kereta api.

Madiun - Puncak arus balik pasca libur panjang akhir pekan akan terjadi Selasa (16/3) ini. Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VII Madiun, Harijono Wirotomo, saat arus mudik dan arus balik saat libur panjang di akhir pekan, jumlah penumpang di seluruh stasiun yang ada di wilayah Daerah Operasi VII mencapai 10.000 orang

“Kalau di luar hari libur, rata-rata jumlah penumpang di seluruh stasiun yang masuk wilayah Daop VII mencapai 6.000-7000 orang. Sedangkan kalau hari libur panjang akhir pekan bisa mencapai 10.000 orang,” ujarnya, di Madiun, Selasa (16/3). Jumlah itu, Harijono menambahkan, merupakan jumlah penumpang semua jenis kereta, baik eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Kepala Stasiun Besar Kota Madiun ,Yuli Purwanto, juga mengatakan bahwa puncak arus balik terjadi hari ini. “Arus balik terjadi hari ini, mulai tadi pagi sampai nanti malam dan besok pagi,” kata Yuli. Menurut dia, saat penumpang padat, jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Besar Kota Madiun mencapai 1.500 orang.

Menurut jadual PT Kereta, jumlah kereta kelas eksekutif-bisnis yang melintas di Daerah Operasi VII sebanyak lima kereta. Kelima kereta eksekutif-bisnis itu adalah KA Argo Wilis jurusan Bandung-Surabaya, KA Turangga jurusan Bandung-Surabaya, KA Bimas jurusan Jakarta-Surabaya, KA Bangunkarta jurusan Jakarta-Jombang, serta KA Gajayana jurusan Jakarta-Malang.

Sedangkan kereta ekonomi yang melintas di Daop VII ada enam kereta dan satu kereta komuter. Keenam kereta ekonomi itu adalah lain KA Sritanjung jurusan Yogyakarta-Banyuwangi, KA Logawa jurusan Bandung-Jember, KA Pasundan jurusan Bandung-Surabaya, KA Matarmaja jurusan Jakarta-Malang, KA Kahuripan jurusan Bandung-Kediri, dan KA Brantas jurusan Jakarta-Kediri. Sedangkan satu-satunya komuter yang beroperasi adalah komuter Madiun Jaya jurusan Solo-Kertosono.

:: News Link::