SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI



Cegah Pelecehan Seksual, Malaysia Luncurkan Gerbong KA Khusus Perempuan

Diposting oleh paguyubancirex Kamis, 29 April 2010


Jakarta - Kaum perempuan kerap mengalami pelecehan seksual saat berdesak-desakan di dalam kereta api (KA). Untuk mencegah tindak pelecehan seksual tersebut, otoritas Malaysia telah meluncurkan gerbong-gerbong KA khusus perempuan.

Layanan khusus itu untuk saat ini hanya ditawarkan untuk rute antara Kuala Lumpur dan Port Klang. Namun rencananya akan diperluas ke rute lain dalam dua pekan ini.

Demikian disampaikan Pjs General Manajer KA Malaysia, KTM Bhd, Mohamad Hider Yusof kepada AFP, Kamis (29/4/2010).

"Kami bisa meningkatkan kenyamanan dan keselamatan para penumpang perempuan dengan implementasi ini dan pada saat bersamaan mencegah pelecehan seksual," kata Yusof.

"Kita ini negara multirasial dan mayoritas penduduk adalah muslim, jadi inisiatif ini juga memberikan perempuan muslim opsi untuk terpisah dari kaum pria saat bepergian," kata Yusof.

Dikatakannya, penumpang perempuan bisa membawa serta anak-anak mereka yang berumur 12 tahun ke bawah untuk duduk di gerbong khusus tersebut.

Gerbong khusus perempuan ini terletak di bagian tengah dari tiga gerbong yang ada di setiap KA komuter. Pada jendela-jendela gerbong terpasang stiker berwarna pink bertuliskan "ladies only".

::: News Link:::