SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Keluhan Kepada PT Kereta Api (Persero) untuk Layanan Argo Parahyangan

Diposting oleh paguyubancirex Senin, 14 Juni 2010

Jakarta - Saya adalah salah satu komuter Bandung - Jakarta yang berdomisili di Bandung. Adanya travel cepat via Tol Cipularang sempat membuat saya tidak menggunakan jasa kereta api karena waktu tempuh menggunakan kereta api tidak signifikan dibanding travel.

Tetapi, seiring dengan perbaikan PT Kereta Api (Persero) atas kereta Bandung Jakarta atas pelayanan di kereta, terlebih di saat saya membutuhkan layanan yang menawarkan kenyamanan perjalanan, saya kembali menggunakan kereta api Bandung Jakarta pulang pergi.

Keberadaan Argo Parahyangan sebagai pengganti kereta Parahyangan dan Argo Gede membuat saya semakin yakin akan itikad baik PT Kereta Api (Persero) untuk memperbaiki pelayanannya. Sehingga, moda kereta api yang sempat ditinggalkan konsumen menjadi semakin kompetitif.

Namun, saya akan menyampaikan keluhan mengenai pelayanan PT Kereta Api pada Senin, 7 Juni 2010 lalu. Saat itu saya menaiki Kereta Api Argo Parahyangan dengan jadwal keberangkatan pukul 04:00. Ternyata kereta terlambat sampai 04:15. Selain itu, ternyata kereta berhenti di Stasiun Cimahi, dengan alasan BLB (Berhenti
Luar Biasa) seperti kata kondektur yang saya tanya.

Dari dua hal itu saya sangat kecewa. Karena, pertama, rumah saya berada di Kotabaru Parahyangan letaknya lebih dekat dari Stasiun Cimahi dibanding stasiun Bandung. Untuk perjalanan yang seharusnya jam 04:00 terlambat sampai 15 menit itu sudah luar biasa. Mengingat tidak ada kereta yang lewat di jalur tersebut pada jam itu. Hampir mustahil terlambat karena sedang menunggu kereta yang akan datang (langsir).

Kedua, saya harus datang ke Stasiun Bandung karena petugas loket selalu berkata bahwa untuk perjalanan pukul 04:00 hanya berangkat dari Bandung. Tidak berhenti di
Stasiun Cimahi. Saya yang dari Padalarang harus berangkat ke Bandung selama ini,
tetapi kenapa kereta pukul 4 itu bisa BLB di Cimahi? Apakah yang naik dan meminta kereta untuk BLB di Cimahi adalah 'pejabat' negara?

Secara hukum setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama. Tetapi, mengapa setiap saya minta kereta untuk berhenti di Cimahi, tidak dapat dilakukan untuk keberangkatan Senin, pukul 4 pagi kecuali tanggal 7 Juni 2010 lalu? Ketepatan waktu dan kesesuaian jadwal adalah hal mendasar yang menjadi nilai lebih dari moda kereta api dibanding moda transportasi lain.

Saya menunggu komitmen PT Kereta Api (Persero) atas pernyataan yang sudah disiarkan di media massa bahwa PT Kereta Api (Persero) telah meningkatkan layanan kereta api. Khususnya Bandung Jakarta yang memiliki potensi besar. Sekian dan terima kasih.

Ir Alexander Pratomo MT
Jinggaprakarsa 23 Tatar Jingganagara
Kotabaru Parahyangan Padalarang
allexppratomo_777@yahoo.com
08122027851