SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Arus Balik Liburan Sekolah Meningkat

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 11 Juli 2010

JAKARTA (Pos Kota) – Arus balik liburan sekolah Sabtu (10/7) terlihat padat di Stasiun Gambir dan Senen, serta penumpang bus antarkota di Terminal Pulogadung, Kampung Rambutan, Tanjung Priok dan Kalideres. Calon penumpang dan pendatang dari daerah usai mengisi liburannya di Jakarta, memadati stasiun dan terminal bus antarkota.

Di sisi lain, warga ibu kota yang berlibur ke daerah, juga mulai berdatangan kembali.
“Kami habis liburan di Yogyakarta. Karena Senin mendatang sudah masuk sekolah, jadi hari ini kami kembali, Agar besok bisa istirahat,” kata Hermanto Setyo, warga Cempaka Putih yang baru sampai di Stasiun Gambir bersama dua anak dan istrinya.

Ia mengungkapkan, warga Jakarta yang berlibur di Yogya atau Solo, sudah mulai kembali sehingga kereta penuh penumpang. Sementara itu, calon penumpang yang akan berangkat dari Gambir maupun Stasiun Senen, juga meningkat. Mereka umumnya habis berlibur di Jakarta.

“Sudah ke Ancol, Monas dan Kebon Binatang. Jadi sudah banyak tempat didatangi, hari ini waktunya pulang untuk sekolah lagi. Kami pilih pulang hari ini, karena pulang Minggu takut tidak kebagian kereta,” ujar Suharto, bersama keluarganya menuju Purwokerto dari Stasiun Senen.

PULOGADUNG PADAT

Kepadatan calon penumpang menjelang akhir liburan sekolah juga tampak di Terminal Bus Antarkota Pulogadung dan Kampung Rambutan, Jaktim. Umumnya mereka akan pulang ke kampung halaman setelah mengisi liburan di ibukota.
“Jumlah calon penumpang memang meningkat dibanding hari-hari sebelumnya. Peningkatannya berkisar lima hingga 10 persen,” kata Muhamad Nur, Kepala Terminal Bus Pulogadung.

Jurusan yang dipadati calon penumpang itu antara lain rute ke Purwokerto, Pekalongan, Tegal, dan Solo. Jarak pendek jurusan Cirebon dan Kuningan. “Penumpang dijamin tidak ada yang keleleran. Semuanya pasti terangkut,” jelasnya.
Penumpang dari Jawa Tengah dan Timur diperkirakan akan membanjiri terminal pada Minggu dinihari atau subuh, karena liburan anak sekolah sudah berakir.

Kepadatan penumpang juga terlihat di Terminal Bus Kampung Rambutan. Mereka akan menuju Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya, Garut, dan Sumedang. Padatnya calon penumpang membuat ruas di Jl. TB Simatupang, depan terminal tersendat.

PENUMPANG MENINGKAT

Kondisi yang sama terjadi di Terminal Tanjung Priok, Jakut. Jumlah penumpang meningkat hingga 40 persen. Kamis lalu yang datang 900 penumpang, namun Jumat, Sabtu penumpang mencapai 1.300 orang. ”Penumpang yang pulang kampung juga banyak, sehari 3.700 orang, dalam dua hari ini,” kata Hilmansyah, Komandan Regu 2 Terminal Tanjung Priok.

Sementara di Terminal Kalideres, Jakbar, peningkatan penumpang mencapai 10 persen. Hari biasa bus yang diberangkat sekitar 385 armada mengangkut 4.700 orang. Tapi puncak akhir liburan sekolah, bus yang diberangkatkan sampai Sabtu (10/7) sore mencapai 440 armada dengan 5.747 penumpang.

“Bus itu tujuan Sumatera, mulai dari Bandar Lampung hingga Banda Aceh serta bus tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” jelas Drs.hengky Sitorus, Kepala Terminal Bus Kalideres.


::; News Link :::