SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Jelang Puasa-Lebaran KAI Tambah 34 Rangkaian Kereta per Hari

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 03 Agustus 2010

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan kereta api pada saat Hari Raya Idul Fitri bisa meningkat 3-4% dibandingkan tahun lalu yang mencapai 4 juta penumpang. Untuk itu, perusahaan pelat merah itu akan menambah jumlah rangkaian kereta sebanyak 34 rangkaian per hari.

Demikian hal itu dikemukakan oleh Direktur Utama KAI Ignasius Jonan di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (23/7/2010).

"Itu kami mulainya H-7 dan H+8 jadi itu yang pertama. Yang kedua itu menambah 34 rangkaian kereta per hari," katanya.

Ia mengatakan, jika dalam keadaan normal, KAI melayani 400 keberangkatan kereta dalam sehari. Jumlah ini, menurut Jonan, jika mendekati hari lebaran maka jumlahnya bisa naik hingga 600 keberangkatan dalam sehari, atau setara 50%.

Menurutnya, meski kenaikan jumlah arus pemudik tidak begitu banyak, tetap saja kenaikan 3-4% dari 4 juta di tahun lalu itu harus diantisipasi dengan penambahan armada dan kesiapan internal BUMN kereta tersebut.

Mengenai harga tiket, Jonan memastikan tidak kan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika memang nanti ada tuslah, maka hal itu memang layak dibayar karena banyak petugas KAI yang bekerja lembur bahkan tidak bisa pulang kampung karena melayani penumpang yang mudik.

"Kalau tuslah untuk lebaran dari tahun ke tahun memang ada karena tugasnya yang bekerja dibayar lembur kan," imbuhnya.

:::: News Link :::