SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

KAI Gelar Tender Pengadaan 2.400 Gerbang KA

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 03 Agustus 2010

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) cari tambahan 2.400 gerbong baru secara bertahap dalam 3 tahun. Perseroan akan menggelar tender pengadaan yang melibatkan 19 perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Demikian hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama KAI Ignasius Jonan di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (29/6/2010).

"Tanggal 30 penutupan (pendaftaran tender). Ada sekitar 19 perusahaan yang ikut," katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 19 perusahaan itu berasal dari dalam maupun luar negeri. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.200 gerbong untuk pengangkutan batubara sementara 1.200 sisanya gerbong untuk mengangkut kontainer.

Jonan menambahkan, untuk membiayai belanja gerbong itu, perseroan saat ini sudah mengantongi komitmen pinjaman sebanyak Rp 600 miliar dari dua bank pelat merah, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).

"Itu kan belum cair, jadi bentuknya standby. Belum tentu digunakan semuanya tahun ini," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Logistik KAI Sumut Albert Tara mengatakan, salah satu negara yang ikut berpartisipasi dalam lelang tersebut adalah China.

Perseroan sengaja melakukan tender, dari sebelumnya membeli langsung dari PT Industri Kereta Api (INKA), supaya bisa mendapatkan harga yang bersaing.

"Untuk tahun ini belum ada gerbong baru. Kan bertahap untuk 2011, 2012, sampai 2013," ujarnya.

::: News Link :::