SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

PT KA Operasikan Kembali Jalur Kereta Barang Gresik-Surabaya

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 22 September 2010


Mengatasi kemacetan, PT KA Daops VIII berencana mengaktifkan kembali rel untuk lalu lintas kereta barang. Jalur rel yang diaktifkan adalah Gresik-Kandangan. Mereka berharap bisa meminimalisasi arus truk kontainer muat barang yang semakin berkembang memenuhi jalan raya.

"Nanti rencananya, kami akan aktifkan kembali rel untuk kereta barang. Sebab, arus truk kontainer yang muat barang semakin ramai melintas di jalan raya," kata Asisten Manajer Eksternal Humas PT KA DAOP VIII Surabaya, Hery SW saat berbincang dengan detiksurabaya.com, Kamis (23/9/2010).

Hery mengungkaplan bila jalur KA barang kembali aktif, efek positif juga akan dirasakan pengguna jalan raya. Kereta barang ini nantinya akan mengurangi jumlah truk kontainer yang melintas di sekitar jalur Gresik-Kandangan dan sebaliknya.

Selain memuat barang-barang sembako dan kebutuhan rumah tangga, kereta ini juga akan mengangkut bahan-bahan kimia yang rawan bahaya. Untuk itulah, keamanan jalur KA barang ini juga harus ditingkatkan supaya tidak mengakibatkan peristiwa yang tidak diinginkan.

"Bayangkan saja, bila 1 truk hanya bisa memuat 5 ton barang, satu gerbong kereta barang mampu muat hingga 40 ton barang. Padahal satu kereta barang terdiri dari 20 gerbong. Kami yakin bisa mengurangi hingga 1600 truk yang melintas per harinya," tuturnya.

Bangunan liar yang ada di dekat stasiun pun dibersihkan. Seperti bangli di sekitar Stasiun Indro, Desa Sidorukun, Kecamatan Kebomas, Gresik dilakukan untuk mengaktifkan kembali rel kereta barang.

::: News Link ::