SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Jumlah Penumpang KA di Cirebon Turun

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 21 September 2010


CIREBON, KOMPAS.com - Jumlah penumpang kereta api yang naik di sejumlah stasiun di wilayah Daerah Operasional (Daop) III Cirebon selama arus mudik dan balik tahun ini turun sekitar 4,8 persen dibandingkan tahun lalu.

Hingga H+7, Sabtu (18/9/2010) jumlah penumpang kereta api yang naik di sejumlah satsiun di Cirebon mencapai 99.393 orang. Jumlahnya tidak sebanyak realisasi penumpang arus mudik-balik tahun 2009, sebanyak 104.265 orang.

Menurut Kepala Stasiun Cirebon Heru Hartadi, Minggu (19/9), salah satu penyebabnya adalah dua dari lima KA Cirebon Ekspres pindah stasiun keberangkatannya, dari Stasiun Cirebon ke Stasiun Tegal.

"Jadinya, jumlah penumpang yang naik dari Cirebon turun. Tapi, jumlah penumpang kereta sebenarnya naik, apalagi KA Cirebon Ekspres," kata Heru.

Jika dirata-rata, penumpang kereta arus balik yang naik dari Cirebon per hari sekitar 9.200 orang. Adapun puncak arus balik tahun ini terjadi pada H+2 dan H+5, penumpangnya mencapai 10.211 orang dan 9.976 orang.

Namun, diakui oleh Adi Purwanto, Wakil Kepala Stasiun Cirebon, puncak arus balik lebaran tahun meleset dari perkiraan Daop III Cirebon. Awalnya, puncak arus balik diperkirakan terjadi H+1 dan H+8, hari Minggu. Namun pada H+8 jumlah penumpang kereta yang naik di Cirebon kurang dari 7.500 orang.

::: News Link ::