SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

KA Cirebon Express Anjlok

Diposting oleh paguyubancirex Selasa, 09 November 2010

Evakuasi 8 Gerbong Cirex Anjlok Selesai,
KA Dijanjikan Normal Sore Nanti


Jakarta - Anjloknya 8 gerbong KA Cirebon Express (Cirex) Selasa (10/11) di Telagasari, Indramayu, Jawa Barat, menghambat perjalanan sejumlah KA. Seiring selesainya evakuasi kereta naas itu, transportasi KA yang melewati Indramayu diperkirakan akan normal kembali pada Rabu sore ini.

"Evakuasi selesai pukul 14.00 WIB. Sementara 1 jalur yang bisa dipakai. Ada rel yang rusak juga jadi dua jalur yang ada belum bisa dipakai semua," kata Kahumas Daops III, Rudi Effendi, ketika dihubungi detikcom, Rabu (10/11/2010) pukul 13.45 WIB.

Menurut dia, perbaikan rel yang rusak tidak akan membutuhkan waktu lama. Sekitar 3-4 jam, rel yang rusak akibat tergulingnya kereta sudah selesai. "Kira-kira pukul 17.00-18.00 WIB nanti dua jalur sudah bisa dilewati seperti biasa," terang Rudi.

Dia menambahkan, evakuasi kereta menggunakan dua alat berat yang didatangkan dari Cirebon dan Jakarta. Evakuasi yang dilakukan semalam tidak bisa maksimal karena guyuran hujan dan petir. Beruntung hari ini cuaca cukup bersahabat sehingga evakuasi dapat dilanjutkan kembali.

"Kita juga menerapkan overstapen sejak semalam. Karena kan ada beberapa kereta yang dari Jakarta atau Surabaya dan Yogya yang lewat sini," jelasnya.

Untuk KA yang ke arah Jakarta, penumpang menempuh perjalanan dengan mobil atau bus yang disediakan PT KA dari Stasiun Pegadenbaru sampai ke Stasiun Cirebon. Sedangkan untuk arah sebaliknya, dari Cirebon akan langsung ke Jakarta.

KA Cirex kecelakaan di Telagasari, Indramayu, Jawa Barat, pada pukul 16.10 WIB. 8 Gerbong anjlok, sedangkan 1 gerbong melintang ke jalur lainnya.

"Ini sebenarnya bukan terguling tetapi miring menutupi jalur sebelah. 1 Gerbong di jalur hulu melintang mendekati jalur hilir. Yang anjlok berarti ada 8 gerbong," sambung Rudi.

Rel yang mengalami kerusakan sekitar 200 meter. Namun dia kembali menegaskan tidak memerlukan waktu berhari-hari untuk memulihkan kondisi rel tersebut. Akibat insiden tersebut, 11 penumpang mengalami luka-luka.

::: News LInk :::