SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

PT KAI Tak Berani Janji Tak Ada Keterlambatan Jadwal

Diposting oleh paguyubancirex Jumat, 07 Januari 2011

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengakui masih sulit untuk mengatasi masalah keterlambatan jadwal kereta. Untuk saat ini PT KAI masih mengutamakan faktor keselamatan penumpang terlebih dahulu.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito dalam saat ditemui di kantor JRC, Jakarta, Jumat (7/1/2011).

"Masalah keterlambatan itu masih sulit diatasi, karena kan kita masih mau kejar keselamatannya dulu. Kalau keterlambatan masih belum bisa janji karena masih satu track dan sebagainya," tuturnya.

Sulistyo mengatakan, pihaknya saat ini tengah ngebut memenuhi standar pelayanan dan fasilitas kereta api karena takut terkena penalti dari pemerintah. Kenaikan tarif kereta kelas ekonomi yang dilakukan mulai besok membantu pendanaan PT KAI.

"Pemerintah akan memberikan kita penalti kalau kita tidak memenuhi pelayanan fasilitas. Kita kan ada kontrak dengan pemerintah dalam Standar Pelayanan Minimum (SPM)," kata Sulistyo.

Dalam kesempatan tersebut, Sulistyo mengatakan, dalam usaha perseroan renovasi atau perbaikan kereta seringkali sia-sia karena ulah beberapa penumpang iseng yang cenderung melakukan tindakan vandalisme.

"Kita akan merenovasi kereta-kereta. Misalnya, untuk pintu, kita perbaiki namun nanti ada yang dirusak karena pintunya diganjal. Jadi kita balapan antara perbaikan (renovasi) dengan vandalisme," katanya.

Selain itu PT KAI juga berpacu untuk merenovasi kereta-kereta yang rusak karena sering dilempari batu.

"Kita berpacu dengan lemparan batu yang tidak pernah selesai ini. Kita ingin standarkan keamanannya. Jadi kalau ada pintu, itu harus ditutup," tukas Sulistyo.
:: News Link :::