SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Loket Kereta Api Akan Dihapus

Diposting oleh paguyubancirex Minggu, 16 Oktober 2011


JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia berencana menghapus fasilitas loket penjualan tiket kereta api. Tiket kereta dapat diperoleh di luar stasiun.
"Loket akan dihapus ke depannya. Kalau sistem sudah berjalan baik," ujar Junior Manager Eksternal Humas DAOP I Jakarta, Rapino Situmorang, kepada Kompas.com, di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (30/8/2011).
Dengan penghapusan loket tersebut, Rapino menyebutkan, penumpang tidak akan pusing untuk mengantre tiket. Mereka tinggal datang ke stasiun untuk berangkat, seperti halnya di bandara. "(Penumpang) enggak pusingin tiket lagi. Stasiun tinggal ngurusin kereta dan penumpang," tambah Rapino.
Ia menambahkan, tiket dapat dibeli di agen atau melalui layanan online. "Enggak ada penumpukan antrean. (Penumpang) yang datang yang siap berangkat," tegas Rapino.
Dampak positif lainnya, penjualan tiket ilegal melalui calo pun dapat diberantas. Apalagi, lanjut dia, pegawai KAI sering kali diberitakan terlibat dalam penjualan tiket secara ilegal itu.
Saat ini, rencana ini memang masih dalam pembahasan. Jadi, ia menuturkan belum tahu kapan akan dilaksanakan. "Enggak tahu tahun depan, (atau) tahun depannya lagi dan seterusnya. Pokoknya visi ke sana," sebutnya.
Bahkan, ke depannya, stasiun KA akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lainnya, seperti convention center.