SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Lokomotif B 5112 Mulai Diperbaiki

Diposting oleh paguyubancirex Kamis, 06 Oktober 2011

Upaya dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) melalui Pusat Pelestarian Benda Bersejarah untuk menghidupkan lagi Lokomotif Uap dengan nomor seri B5112 yang sudah lama tersimpan di Museum Kereta Api Ambarawa semakin nyata. Sejak Jumat (30/9), tim dari unit pelestarian benda dan cagar budaya PT. KAI, sudah melakukan berbagai perbaikan pada roda lokomotif tersebut agar bisa dibawa ke Dipo Traksi Ambarawa yang jaraknya tidak jauh dari Museum. Lokomotif yang menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya ini rencananya akan digunakan sebagai kereta wisata. Dan akan menambah armada lokomotif uap yang telah ada sebelumnya, dimana Lokomotif B2502 dan B2503 telah lebih dulu melayani para wisatawan.

Salah seorang anggota dari Tim Unit Pelestarian Benda dan Cagar Budaya, sedang membersihkan karat yang berada pada bagian roda penggerak Lokomotif.

Lokomotif B5112 buatan Hanomag, Jerman, meskipun sudah 30 tahun tidak digunakan, keadaan ketelnya masih relatif baik. Sehingga lokomotif masih besar kemungkinan untuk bisa beroperasi kembali, walaupun kondisinya saat ini dibutuhkan perbaikan dan perawatan untuk bisa kembali melayani penumpang. Menurut Manager Humas Daerah Operasi 4 Semarang, Sapto Hartoyo, lokomotif yang sudah lama menjadi salah satu koleksi milik PT. KAI yang tersimpan di Museum Kereta Ambarawa akan digunakan lagi sebagai penarik KA Wisata. “Hal ini dilakukan selain untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke daerah Ambarawa, juga guna melestarikan berbagai benda cagar budaya yang kami miliki,” tuturnya.




Tim dari unit Pelestarian Benda dan Cagar Budaya, mengiventarisir berbagai kerusakan sebelum lokomotif ini dipindahkan ke dipo Lok Ambarawa.

Ia menambahkan, lokomotif dengan dua gandar dua roda penggerak ini, ditargetkan pada tahun 2012 sudah bisa digunakan. “Kami menargetkan pada tahun depan, lokomotif ini sudah bisa digunakan. Namun, itu semua tidak terlepas dari seberapa banyak kerusakan yang terjadi pada lokomotif tersebut. Mengingat lokomotif ini sudah lama tidak beroperasi,” jelas Sapto.

Lokomotif ini akan menambah armada KA Wisata yang sudah ada di Stasiun Ambarawa.

“Kami berharap, target perbaikan lokomotif ini selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ada dan bisa digunakan untuk melayani wisatawan yang datang berkunjung ke Ambarawa, pungkas Sapto. (Humaska)