SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

04 Februari 2010 | 15:17 wib | Ekonomi Kenaikan Tarif KA Masih Terjangkau

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 10 Februari 2010

image

Bandung, CyberNews. Meski mengusulkan kenaikan, PT KA menyatakan bahwa besaran harga tiket KA Ekonomi masih dapat dijangkau masyarakat pengguna. Sebelumnya, operator kereta api plat merah itu menginginkan kenaikan 50 persen dalam dua tahun semenjak Semester II/2010.Menurut Jubir PT KA Pusat, Adi Suryatmini, kenaikan itu semata-mata ditujukan bagi peningkatan pelayanan. Dengan tarif yang diberlakukan saat ini, pihaknya mengaku sulit melakukan terobosan. "Lagi pula, tarif KA Ekonomi tidak pernah naik sejak 2002 lalu," tandasnya di Bandung, Kamis (4/2).

Dijelaskannya, hampir 70 persen dari total 200 juta penumpang yang diangkut setiap tahunnya berasal dari penumpang kelas ekonomi. Dengan kondisi seperti itu, wajar saja jika load factornya bisa mencapai lebih dari 150 persen.

Selama ini, tarif KA Ekonomi mendapat subsidi pemerintah melalui PSO (Public Service Obligation) yang pada tahun 2010 besarannya mencapai Rp 535 Miliar. Dia mencontohkan tarif KA Ekonomi yang mendapat subsidi seperti KA jarak jauh Kertajaya jurusan Jakarta-Surabaya yang hanya dibanderol Rp 43.500 sekali jalan. Angka itu jauh berada di bawah tarif seharusnya di atas Rp 70.000 sekali jalan.