SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Pantau Ketersediaan Fasilitas KA, Dewan Prameks Dibentuk

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 10 Februari 2010

Solo, CyberNews. Komunitas Pengguna Prameks (KPP) yang terdiri dari mahasiswa, akademisi, dosen, pengusaha dan berbagai elemen masyarakat berencana membentuk Dewan Prameks. Di atas KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang melaju menuju Solo atau Yogyakarta, dewan ini akan bertugas memantau ketersedian fasilitas KA setiap hari. Kenyamanan, ketepatan waktu dan keselamatan dalam menggunakan KA kelas bisnis lokal menjadi sorotan .

"Mengingat pengguna Prameks dari waktu ke waktu meningkat, sementara fasilitas yang disediakan statis, maka KPP akan membentuk Dewan Prameks. Tugasnya adalah memantau penyedian fasilitas yang dibutuhkan penumpang," jelas Muhammad Ikhlas salah satu koordinator KPP, Selasa (2/2).

Gagasan membentuk Dewan Prameks muncul setelah sejumlah penumpang ngobrol-ngobrol saat perjalanan menuju Solo-Yogyakarta PP. Pengguna kereta api cepat itu menerima keluhan terkait rencana penarikan diskon (kenaikan tarif) awal Pebruari ini, walaupun akhirnya dibatalkan.

"Sejak terdengar ada rencana kenaikan tiket KA mencapai Rp 2.000 dari tarif semula Rp 8.000 menjadi Rp 10.000 oleh PT KA Daops VI Yogyakarta. Kami lalu berbincang di dalam gerbong. Selain sepakat menolak rencana tersebut, KPP juga sepakat membentuk dewan khusus," ucap Ikhlas yang menjadi pelanggan KA itu sejak dua tahun.