SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

KA Prameks Rute Solo-Sragen Ditutup

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 10 Februari 2010

Solo, CyberNews. Rute kereta api (KA) Prameks jurusan Solo-Sragen yang berangkat tiap hari pukul 04.30 ditutup mulai 1 Maret. Selanjutnya, para penumpang KA Prambanan Ekspres itu dioper atau dialihkan ke KA Madiun Jaya yang jarak pemberangkatannya tidak terlalu lama.

"Sehingga penumpang dari Sragen yang akan berangkat ke Yogyakarta tetap bisa langsung berangkat, pindah menggunakan Prameks tanpa menungu lama," ungkap Humas PT KAI Daop VI, Yogyakarta, Eko Budiyanto, saat dihubungi, Senin (8/2).

Penghapusan KA Prameks rute Solo-Sragen untuk mengoptimalkan penumpang KA Madiun Jaya yang dioperasikan Daops VII Madiun. Dari Kertosono, Madiun menuju Solo, kereta api itu melewati beberapa stasiun di Sragen dan Karanganyar. Semula penumpang dari Sragen dan Karanganyar menuju Yogyakarta dijemput Prameks.

Menurut dia, dengan penghapusan salah satu rute Prameks dan pengoptimalan KA Madiun Jaya itu membuktikan tidak ada pengkotak-kotakan antara Daop satu dengan lainnya dalam mencari penumpang. "Meski rute Solo-Sragen diputus, jumlah pemberangkatan Prameks Solo-Yogyakarta-Kutoarjo tetap, yakni dua belas kali," tambahnya.