SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI

Antisipasi Masa Lebaran, PT KA Tambah 17 Kereta

Diposting oleh paguyubancirex Rabu, 28 Juli 2010

TEMPO Interaktif, Jakarta - Dalam rangka antisipasi membludaknya penumpang pada masa Lebaran, PT Kereta Api (Persero) menyiapkan 17 kereta tambahan atau 34 perjalanan kereta tambahan untuk perjalanan dari dan ke Jakarta.

"Kami siapkan 10 kereta ekonomi tambahan atau 20 perjalanan dan 7 kereta komersail (bisnis dan eksekutif) atau 14 perjalanan dari dan ke Jakarta," ujar Kepala Humas PT KA Pusat, Sugeng Priono, saat dihubungi Tempo, Selasa (27/7).

Menurut Sugeng dalam kondisi normal jumlah kereta reguler dari dan ke Jakarta adalah 198 perjalanan sehingga dengan penambahan 34 perjalanan itu menjadi 232 perjalanan kereta.

Pihak PT KA memprediksi jumlah penumpang kereta api tahun ini akan meningkat dibanding tahun lalu. "Kami prediksi peningkatan sebesar 1,7 persen dibanding tahun lalu," kata Sugeng.

Tahun lalu jumlah penumpang pada masa Lebaran mencapai 2,610 juta sehingga dengan prediksi penambahan 1,7 persen penumpang diperkirakan akan menjadi 2,655 juta. "Diprediksi puncak arus mudik adalah pada H-2 Lebaran, sedangkan puncak arus balik adalah pada H+7 Lebaran," katanya.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan memperlancar perjalanan, PT KA telah melakukan sejumlah langkah perbaikan rel kereta. "Kami lakukan operasi AMUS (alat material untuk siaga) dengan menambah material memperkuat rel kereta di sejumlah titik rawan longsor dan banjir," ujarnya. Selain itu di sejumlah stasiun juga telah dipersiapkan lokomotif derek.